Tautan-tautan Akses

Pidato Presiden Srilanka di Oxford, Inggris Dibatalkan


Presiden Srilanka Mahindra Rajapaksa

Presiden Srilanka Mahindra Rajapaksa

Acara tersebut dibatalkan dengan alasan keamanan setelah suku Tamil dan para pengritik pemerintah Srilanka mengumumkan protes besar di Oxford.

Srilanka memrotes pembatalan pidato yang hendak disampaikan oleh Presiden Mahinda Rajapaksa dalam kunjungannya di Inggris.

Presiden Rajapaksa diundang untuk berpidato di Oxford Union yang bergengsi itu Kamis malam di kota universitas Inggris tersebut. Tetapi, perhimpunan perdebatan yang terkenal itu membatalkan acara tersebut, dengan alasan keamanan setelah suku Tamil dan para pengritik pemerintah Srilanka lainnya mengumumkan protes besar di Oxford.

Menteri Luar Negeri Srilanka, Garmini Lakshman Peirls, mengecam keputusan tersebut, dengan mengatakan para pemimpin Oxford Union telah tunduk pada intimidasi dan tidak membela prinsip mereka yang mendukung kebebasan berbicara.

Orang-orang Tamil telah menuduh Rajapakse melakukan kejahatan perang ketika menindak pemberontak Harimau Tamil tahun lalu. Ribuan orang meninggal dalam tahun terakhir perang yang berlangsung puluhan tahun itu. Presiden menentang seruan akan penyelidikan internasional mengenai tuduhan tersebut.

XS
SM
MD
LG