Tautan-tautan Akses

Pidato Michelle Obama Memukau Delegasi Konvensi Nasional Partai Demokrat

  • Ian Umar

Ibu negara Michelle Obama memberikan pidato pada hari pertama konvensi nasional Partai Demokrat di Charlotte, North Caroline, Selasa malam (4/9).

Ibu negara Michelle Obama memberikan pidato pada hari pertama konvensi nasional Partai Demokrat di Charlotte, North Caroline, Selasa malam (4/9).

Ibu negara Amerika Michelle Obama menyampaikan pidatonya dihadapan ribuan delegasi dan pendukung Partai Demokrat dalam DNC di stadion Time Warner Cable Arena, Charlotte hari Selasa malam (4/9).

Pidato Michelle Obama diawali dengan tayangan video yang sangat menyentuh dengan pernyataan dari lubuk hati yang dalam sebagai seorang ibu yang khawatir dengan perjuangan keras keluarga menengah Amerika untuk keluar dari masa sulit, karena keluarga yang mengalami kesulitan tidak akan bisa menggapai kesejahteraan dan cita-cita. Dan ini tidak mencerminkan identitas rakyat Amerika, ujar Michelle.

Konvensi Nasional Partai Demokrat dibuka secara resmi oleh ketua DNC Debbie Wasserman Schultz Selasa sore, sederatan tokoh politik dan wakil rakyat dari Partai Demokrat tampil di podium menyampaikan pidato yang penuh dengan inspriasi dan rencana kerja Partai Demokrat untuk empat tahun kedepan. Tapi pembicara yang paling ditunggu-tunggu oleh para delegasi dan aktifis Partai Demokrat untuk hari Selasa adalah pidato dari ibu negara Amerika Michelle Obama.

Sebagai pembicara utama, Michelle Obama berpidato untuk mendukung suaminya agar terpilih kembali dalam pemilu Amerika bulan November nanti. Konvensi Nasional Partai Demokrat, secara resmi akan mencalonkan Presiden Barack Obama untuk masa jabatan kedua di Gedung Putih.

Michelle Obama dalam pidatonya berbicara mengenai kehidupan pasangan itu di luar Gedung Putih, ia menceritakan sejarah perjuangan keluarganya dan tauladan yang diberikan oleh orangtuanya. Michelle juga mengangkat kembali latar belakang Obama dan keluarganya yang turut membentuk karakter dan prinsip hidup Obama.

Presiden AS Barack Obama bersama puterinya Malia dan Sasha (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama bersama puterinya Malia dan Sasha (foto: dok).

Michelle Obama mengatakan, Barack dan dirinya sama-sama dibesarkan oleh keluarga yang tidak memiliki materi yang cukup tapi justru memberi mereka hal yang sangat berharga, yakni cinta yang tulus, pengorbanan yang gigih, dan kesempatan untuk menggapai cita-cita yang belum pernah terpikirkan oleh mereka, ujar Michelle Obama.

Sama halnya dengan Ann Romney, sekali-sekali pasangan dari kandidat Presiden menceritakan bagaimana mereka tetap menjaga keutuhan cinta mereka. Buat Michelle Obama, walaupun Barack Obama adalah Presiden Amerika, di mata Michelle, Obama tetap pemuda yang menjemput untuk bermalam minggu dengan mobil buruk dan berkarat. Michelle bergurau ia bisa melihat aspal jalan dari lantai mobil Obama. Bagi Michelle, Obama tidak pernah berubah.

Perjalanan hidup yang bersahaja dan penuh perjuangan telah membentuk karakter Obama yang turut mempengaruhi kebijakan pemerintahannya. Michelle memberi contoh dalam hal Undang-Undang Layanan Kesehatan, Obama memperjuangkan UU itu karena ia melihat sendiri perjuangan keluarga Amerika.

Michelle menambahkan, karena Obama yakin di Amerika, orang tua dan lanjut usia harus bisa memenuhi kebutuhannya membeli obat-obatan, anak-anak harus dapat mendapat layanan kesehatan dari dokter kalau mereka sakit, dan tidak seorangpun di negara ini harus mengalami kebangkrutan hanya karena jatuh sakit atau kecelakaan, tambah Michelle Obama.

Pidato Michelle Obama jelas telah memberi semangat dan insprirasi kepada ribuan delegasi dan aktivis Partai Demokrat pada hari pembukaan konvensi. DNC akan berlangsung hingga hari Kamis, dan ditutup dengan pidato resmi penerimaan Barack Obama sebagai kandidat Presiden dari Partai Demokrat.
XS
SM
MD
LG