Tautan-tautan Akses

AS

Pidato Melania Trump Sangat Mirip Pidato Lama Michelle Obama

  • Associated Press

Melania Trump di panggung Konvensi Nasional Partai Republik di Cleveland, Ohio (18/7). (Reuters/Jim Young)

Melania Trump di panggung Konvensi Nasional Partai Republik di Cleveland, Ohio (18/7). (Reuters/Jim Young)

Meski ada pernyataan-pernyataan yang identik dengan pidato ibu negara, Melania Trump mengatakan bahwa ia "menulis sendiri" pidatonya "dengan sedikit pertolongan."

Pidato Melania Trump yang disambut baik hari Senin (18/7) dalam Konvensi Nasional Partai Republik mengandung dua paragraf yang hampir serupa kata per kata dengan pidato yang disampaikan ibu negara Michelle Obama tahun 2008 pada Konvensi Nasional Partai Demokrat.

Paragraf-paragraf tersebut menekankan ajaran yang didapat Ny. Trump, istri kandidat presiden AS Donald Trump, dari orangtuanya dan relevansi ajaran-ajaran itu dalam pengalamannya sebagai ibu.

Pernyataan-pernyataan itu diucapkan di awal pidato sekitar 10 menit itu, sementara sisanya berbeda dari pidato Michelle ketika suaminya, yang waktu itu masih Senator Barack Obama, dinominasikan sebagai presiden.

Dalam pidato Melania di Cleveland, ia mengatakan: "Sejak usia muda, orangtua saya memberikan nilai-nilai bahwa kita bekerja keras untuk apa yang kita inginkan dalam hidup, bahwa perkataan kita merupakan jaminan dan kita melakukan apa yang kita katakan dan harus memegang janji, bahwa kita harus memperlakukan orang lain dengan hormat. Mereka mengajarkan dan menunjukkan kepada saya nilai-nilai dan moral-moral itu dalam kehidupan sehari-hari mereka."

Dalam pidato Michelle tahun 2008 di Denver, ia mengatakan: "Dan Barack serta saya dibesarkan dengan begitu banyak nilai yang sama, seperti, kita bekerja keras untuk apa yang kita inginkan dalam hidup, bahwa perkataan kita merupakan jaminan, bahwa kita melakukan apa yang kita katakan akan kita lakukan, bahwa kita harus memperlakukan orang lain dengan harga diri dan kehormatan, bahkan jika kita tidak tahu siapa mereka dan tidak sepakat dengan mereka."

Pernyataan lain yang mirip adalah pernyataan Ny. Trump mengenai upayanya untuk menanamkan nilai-nilai itu kepada putranya.

"Kita harus meneruskan ajaran-ajaran itu untuk banyak generasi mendatang," ujar Melania. "Karena kita ingin anak-anak kita di negara ini mengetahui bahwa satu-satunya batas untuk pencapaian mereka adalah kekuatan mimpi mereka dan kemauan untuk bekerja untuk mencapainya."

Dalam pidato ibu negara tahun 2008, ia mengatakan, "Barack dan saya ingin membangun kehidupan yang dipandu nilai-nilai itu dan meneruskannya kepada generasi berikutnya, karena kami ingin anak-anak kami -- dan semua anak di negara ini -- mengetahui bahwa satu-satunya batas dari tingginya pencapaian mereka adalah jangkauan mimpi-mimpi mereka dan kemauan mereka untuk mencapainya."

Tim kampanye Trump menanggapi dalam pernyataan bahwa "pengalamannya sebagai imigran dan cintanya terhadap Amerika bersinar lewat pidatonya." Pernyataan itu tidak menyebut Ny. Obama.

"Dalam menulis pidatonya yang indah, tim penulis Melania mencatat inspirasi-inspirasi kehidupannya, dan dalam beberapa bagian menyertakan potongan-potongan yang merefleksikan pemikirannya sendiri," ujar juru bicara Trump, Jason Miller.

Para pejabat Gedung Putih tidak memberikan tanggapan.

Dalam wawancara dengan NBC News yang direkam sebelum penampilannya pada Konvensi dan diunggah Selasa dini hari, Ny. Trump mengatakan pidatonya "saya tulis sendiri." Ia menambahkan bahwa ia mendapat "sedikit pertolongan." [hd]

XS
SM
MD
LG