Tautan-tautan Akses

Piano ABBA Diharapkan Terjual Mahal dalam Lelang Sotheby's


Seorang pria berjalan melewati logo kelompok pop Swedia terkenal ABBA di "ABBA — The Museum" di Stockholm, 6 Mei 2013. (Foto: dok.)

Seorang pria berjalan melewati logo kelompok pop Swedia terkenal ABBA di "ABBA — The Museum" di Stockholm, 6 Mei 2013. (Foto: dok.)

Piano yang biasa digunakan untuk memainkan lagu disko hit ABBA "Dancing Queen" akan menjadi salah satu atraksi utama di pelelangan rock dan pop Sotheby bulan depan, dan diharapkan piano tersebut terjual hingga 800.000 pound ($1,24 juta).

Alat musik tersebut bersertifikat asli dari salah satu pendiri ABBA Benny Andersson, yang mendeskripsikannya sebagai "salah satu inspirasi yang luar biasa."

Piano itu dirancang oleh produsen alat musik Swedia Georg Bolin dan merupakan koleksi Atlantis Grammofon, Stockholm, yang dulu dikenal dengan Metronome Studios, tempat ABBA merekam lagu yang dirilis pada tahun 1976 tersebut, menurut Sotheby's hari Kamis (27/8).

Piano Bolin dibuat untuk pianis jazz dan komposer Amerika Bill Evans, yang meninggal pada tahun 1980. The New York Times pada tahun 1964 menggambarkan piano tersebut sebagai "Space-Age piano" yang "memberikan sensasi seperti menyentuh senarnya langsung, seperti yang dirasakan oleh gitaris," kata Sotheby's.

"Piano adalah sebuah alat musik yang sangat penting dan dengan tambahan pernah dimiliki oleh ABBA kami berharap piano ini akan menarik bagi dunia," kata Philip Errington, spesialis Sotheby's dalam bidang buku dan naskah, dalam sebuah pernyataan. Pelelangan di London dijadwalkan berlangsung pada 29 September.

Sotheby's mengatakan piano Steinway milik John Lennon, yang ia gunakan untuk mengarang lagu "Imagine," terjual dengan harga 1,67 juta pound pada tahun 2000, sementara piano di Rick's Cafe dalam film "Casablanca" terjual senilai $3,4 juta pada tahun 2014.

XS
SM
MD
LG