Tautan-tautan Akses

Pianis Jazz Marian McPartland Meninggal dalam Usia 95 Tahun


Marian McPartland memainkan piano saat perayaan HUT ke-90nya di Jazz at Lincoln Center, New York, 19 Maret 2008 (Foto: dok).

Marian McPartland memainkan piano saat perayaan HUT ke-90nya di Jazz at Lincoln Center, New York, 19 Maret 2008 (Foto: dok).

Pianis jazz Marian McPartland, musisi jazz terkemuka di Amerika dan penyiar program radio internasional tentang jazz yang terkenal, meninggal dalam usia 95 tahun di New York, Selasa (20/8).

McPartland datang ke Amerika tahun 1946 ketika musisi perempuan tidak dikenal dalam dunia musik jazz, dan bahkan teman-teman serta orang tuanya tidak mengira ia akan berhasil di dunia musik yang dinominasi musisi laki-laki.

Tetapi kemampuannya bermain keyboard mendapat pujian. Dalam karirnya selama 60 tahun, McPartland pianis kelahiran Inggris ini merekam lebih dari 50 album, mempertunjukkan harmonisasi improvisasi jazz, campuran jazz klasik dan modern.

Ia menjadi penyiar program radio “Marian McPartland’s Piano Jazz” di National Public Radio NPR di Amerika selama tiga puluh tahun hingga 2011. Program ini diudarakan di lebih dari 200 negara di seluruh dunia. Dalam program ini ia bicara tentang para musisi – seperti Mel Torme, Tony Bennett dan Willie Nelson. Ia juga kerap bermain musik bersama tamu-tamu yang diundangnya ke studio.
XS
SM
MD
LG