Tautan-tautan Akses

Turnamen Piala Eropa 2012 Mulai Digelar Jumat


Tim matador Spanyol, juara Piala Eropa 2008 dan juara Piala Dunia 2010, menjadi favorit kuat untuk menjuarai Piala Eropa tahun ini (foto: dok).

Tim matador Spanyol, juara Piala Eropa 2008 dan juara Piala Dunia 2010, menjadi favorit kuat untuk menjuarai Piala Eropa tahun ini (foto: dok).

Turnamen Euro 2012 akan mulai digelar hari Jumat, dan menghadirkan angka-angka yang membuktikan reputasinya sebagai salah satu ajang olahraga paling elit di dunia.

UEFA akan memperoleh penghasilan komersil paling tidak 1,6 miliar dollar dalam turnamen yang diikuti 16 negara itu, menyaingi Piala Dunia yang digelar FIFA dan diikuti 32 negara dalam hal penghasilan per pertandingan.

Dua negara Eropa timur bertindak sebagai tuan rumah bersama Euro 2012, yaitu Polandia dan Ukraina.

Satu pertandingan Piala Eropa 2012 kali ini diperkirakan akan mampu menarik jumlah penonton rata-rata 150 juta orang di seluruh dunia. Dengan perkiraan ini, maka turnamen Euro 2012 akan mencetak rating harian lebih besar dari ajang Super Bowl, atau final kejuaraan sepakbola Amerika (American Football) yang merupakan acara pertandingan olahraga terbesar di Amerika.

Empat tahun lalu, sebanyak 237 juta orang tercatat menonton final Euro 2008, sama seperti acara pembukaan Olimpiade musim panas.

Turnamen Euro 2012 adalah ke-14 kalinya turnamen ini digelar UEFA. Pemenang Euro 2012 akan otomatis lolos Piala Konfederasi FIFA tahun 2013, yang akan dilangsungkan di Brazil.

Masih dari dunia sepakbola Eropa, Zlatan Ibrahimovic mencetak gol penalti pada babak kedua dan memberi kemenangan 2-1 bagi Swedia atas Serbia hari Selasa, dalam pertandingan persiapan terakhir bagi Swedia menuju Euro 2012.

Ibrahimovic dengan tenang mengarahkan bola ke arah kiri gawang pada menit ke-52 dalam pertandingan yang umumnya dikendalikan tetapi gagal didominasi Swedia.

Ola Toivonen memberi gol pertama bagi Swedia di menit ke-23 menyusul kesalahan oleh penjaga gawang Barnimir Aleksic, tetapi Neven Subotic menyamakan gol itu empat menit kemudian dengan sundulan dari sudut.

Kemenangan ini memastikan Swedia masuk Euro 2012, setelah dua kemenangan dalam pertandingan pemanasan sebelumnya. Swedia mengalahkan Islandia 3-2 minggu lalu, dengan gol yang dicetak Ibrahimovic dan Toivonen.
XS
SM
MD
LG