Tautan-tautan Akses

Phil Collins Siap Tampil Lagi Bulan Januari


Phil Collins

Phil Collins

Meski baru saja menjalani operasi besar, Phil Collins tetap semangat untuk kembali tampil ke pentas pada Januari nanti. Usia dan masalah kesehatan tidak menghalangi niatnya bermusik.

Phil Collins dikenal masyarakat sejak tahun 1970 ketika ia menjadi drummer band Genesis. Tetapi namanya melejit ke permukaan setelah ia menggantikan vokalis utama Genesis, Peter Grabriel, yang memilih bersolo karir. Suara khasnya berhasil membuat komposisi-komposisi seperti “In the Air Tonight”, “Against All Odds”, “Sussudio” dan “Another Day in Paradise” laku keras di pasar. Tak heran jika dalam rentang waktu 20 tahun, Phil Collins meraih 7 Grammy Awards, 6 Brit Awards, termasuk kategori “Best British Male” tiga kali berturut-turut, 1 Oscar, 2 Golden Globe dan 1 Disney Legend Award. Ia juga menerima bintang Hollywood Walk of Fame, Songwriters Hall of Fame, Rock & Roll Hall of Fame dan Modern Drummer Hall of Fame.

Setelah puas berkarir, Phil Collins berencana pensiun dan pindah ke Swiss untuk menikmati hari-harinya bersama keluarga. Tetapi pada tahun 2008 istrinya justru meninggalkannya, membawa kedua anak mereka ke Miami. Collins pun patah hati. Ia sempat kecanduan alkohol selama beberapa tahun, yang membuatnya hampir meninggal dunia. Seiring bertambahnya usia, Collins pun mulai sakit-sakitan. Bergesernya tulang di bagian leher ketika ia terlalu semangat bermain drum pada tur Genesis tahun 2007 memicu kerusakan syaraf di bagian tangan dan tulang belakang yang semakin memburuk tahun ini.Setelah awal tahun ini pindah ke Miami supaya bisa lebih sering menjenguk kedua anaknya, Oktober lalu Collins pun menjalani operasi.

Collins yang belum pernah mengeluarkan lagu atau album baru sejak album “Testify” tahun 2002, tiba-tiba berniat tampil kembali akhir Januari nanti. Dalam wawancara dengan majalah The Rolling Stone, Collins mengatakan ingin kembali tampil setidaknya supaya anak-anaknya tahu. “Anak-anak saya masih mengenakan pampers ketika saya terkenal dan tampil dimana-mana. Kini mereka berusia 10 dan 14 tahun, dan ingin melihat apa yang dilakukan ayah mereka. Saya ingin mereka juga menikmati musik saya,” ujar Collins.

Phil Collins tidak ingin melangsungkan tur yang panjang. Ia hanya ingin tur sederhana di Australia atau negara-negara Timur Jauh. Collins tidak ingin membuat komitmen untuk mengadakan reuni dengan anggota Genesis lainnya. “Saya mencintai mereka tetapi saat ini saya lebih suka melakukan tur sederhana ini dulu. Kita lihat dulu bagaimana tur ini berlangsung.” [em/jm]

XS
SM
MD
LG