Tautan-tautan Akses

Petugas Terus Salurkan Bantuan untuk Korban Topan Haiyan


Para penyintas topan Haiyan bergegas mengambil bantuan air segar yang dikirimkan oleh helikopter militer AS ke desa mereka yang terisolasi di sebelah utara Tacloban (17/11).

Para penyintas topan Haiyan bergegas mengambil bantuan air segar yang dikirimkan oleh helikopter militer AS ke desa mereka yang terisolasi di sebelah utara Tacloban (17/11).

Para korban Topan Haiyan yang selamat berbondong-bondong ke gereja yang hancur hari Minggu (17/11), berdoa bagi keselamatan mereka dan mengenang lebih dari tiga ribu orang yang tewas dalam badai tersebut.

Misa hari Minggu merupakan waktu berefleksi bagi jutaan warga Filipina – banyak di antara mereka menjadi tunawisma – di negara di mana 80 persen penduduknya beragama Katolik Roma.

Di Hong Kong, sekitar seribu umat Kristen Filipina mengadakan kebaktian khusus bagi para korban topan Haiyan, mengumpulkan sumbangan uang dan pakaian untuk dikirim ke Filipina. Bantuan internasional memperoleh momentum di Filipina di mana pekerja bantuan telah berjuang untuk mencapai korban di daerah-daerah terpencil yang paling parah dihantam topan.

Banyak negara, termasuk Amerika menyediakan pangan, air dan obat-obatan ke desa-desa terpencil. Bantuan tersebut mulai mencapai daerah-daerah yang hancur. Namun, banyak daerah terpencil yang sangat membutuhkan air dan pangan belum bisa dicapai.

Presiden Benigno Aquino terus mendapat kecaman atas lambannya laju distribusi pangan. Aquino memulai kunjungannya ke daerah-daerah bencana di Samar Timur yang pertama dihantam badai yang mencapai daratan sembilan hari lalu. Presiden Benigno Aquino meminta kesabaran dan pengertian rakyat ketika ia mengunjungi beberapa daerah yang paling parah di bagian tengah negara itu hari Minggu (17/11).

Topan Haiyan, yang melanda tanggal 8 November dini hari menewaskan lebih dari 3.600 orang dan menyebabkan ratusan ribu lainnya kehilangan tempat tinggal. Korban tewas diperkirakan akan meningkat karena banyak orang masih dinyatakan hilang.
XS
SM
MD
LG