Tautan-tautan Akses

AS

Petugas Kerja Keras Bersihkan Tumpahan Minyak di California


Seekor burung dengan sayap yang terkena tumpahan minyak di pantai Refugio, sebelah utara Goleta, California (21/5). (AP/Jae C. Hong)

Seekor burung dengan sayap yang terkena tumpahan minyak di pantai Refugio, sebelah utara Goleta, California (21/5). (AP/Jae C. Hong)

Pihak berwenang mengatakan pembersihan itu bisa memakan waktu berbulan-bulan. Saat ini tumpahan itu dicegah agar tidak merembes ke wilayah yang semakin luas.

Para petugas pembersih, bekerja siang malam untuk membersihkan minyak dari perairan kota pantai Santa Barbara, California.

Sekitar 380 ribu liter minyak kemungkinan tumpah sebelum diketahui hari Selasa (19/5) bahwa minyak itu berasal dari pipa bawah tanah yang alirannya kemudian dimatikan. Sekitar 79.800 liter minyak mungkin merembes ke pantai kemudian ke laut.

Bencana lingkungan itu terjadi di daerah wisata Pantai Barat yang terkenal menjelang libur akhir pekan Hari Pahlawan atau Memorial Day, yang sejak lama menjadi awal musim liburan pantai di Amerika.

Pihak berwenang mengatakan pembersihan itu bisa memakan waktu berbulan-bulan. Saat ini pekerja tanggap darurat berusaha mencegah yang tumpah itu tidak merembes ke wilayah yang semakin luas.

Sejauh ini tumpahan itu sudah membunuh beberapa kehidupan laut, termasuk lobster, burung pelikan, dan ikan. Perusahaan Plains All American Pipeline telah meminta maaf atas peristiwa itu dan berjanji melakukan pembersihan secara seksama.

"Pembersihan minyak yang tumpah itudilakukan dalam beberapa tahap. Kami masih dalam tahap yang disebut penanggulangan dan pemulihan," ujar juru bicara Rick McMichael.

Sekitar 400 orang bekerja membersihkan air dan tanah yang tercemar di sekitar pipa yang bocor. Ratusan lagi diperkirakan bergabung dalam upaya itu dalam beberapa hari mendatang.

Para pakar mengatakan luas tumpahan itu setara dengan volume air rata-rata yang digunakan penduduk Amerika dalam satu tahun. Para pejabat mengatakan angin dan arus air membuat tumpahan itu meluas.

"Operasi pembersihan tanpa henti terus berlangsung sejak terjadinya tumpahan minyak itu dan ratusan petugas bekerja keras menangani setiap aspek insiden ini. Kami terus mengerahkan sumber daya terbaik yang tersedia dan bekerja sama dengan mitra penanggulangan darurat di tingkat federal, negara bagian dan setempat untuk memulihkan keadaan di seluruh kawasan yang terkena," ujar Jennifer Williams, penjaga pantai AS.

Selain kerusakan lingkungan, sektor pariwisata California akan merugi dengan ditutupnya pantai-pantai menjelang akhir pekan Memorial Day.

"Saya agak kecewa karena ingin melewatkan waktu di pantai tapi kami akan pergi ke tempat lain," menurut salah seorang pengunjung.

Pejabat perusahaan pipa minyak itu mengatakan pipa tersebut dibangun tahun 1991 dan telah diperiksa beberapa minggu lalu. Tapi laporan-laporan baru mengatakan catatan menunjukkan perusahaan itu memiliki sejumlah pelanggaran dalam hal keamanan dan perawatan. Pejabat Federal akan memeriksa pipa tersebut jika telah diangkat dan mencari sebab-sebab pipa itu pecah.

XS
SM
MD
LG