Tautan-tautan Akses

Petugas Keamanan Nigeria Razia Kawasan Serangan Bom di Abuja


Petugas militer memindahkan mobil yang rusak di lokasi ledakan bom di Nyanya, Abuja, 2 Mei 2014.

Petugas militer memindahkan mobil yang rusak di lokasi ledakan bom di Nyanya, Abuja, 2 Mei 2014.

​Pasukan keamanan Nigeria hari Sabtu merazia kawasan-kawasan dekat lokasi dua serangan bom di ibukota dan menahan delapan tersangka, termasuk warga asing, sementara kota itu bersiap menjadi tuan rumah sebuah konferensi internasional.

Semua sekolah dan kantor pemerintah di Abuja, ibukota Nigeria, akan tutup selama Forum Ekonomi Dunia Tentang Afrika tanggal 7-9 Mei, menurut keputusan presiden setelah dua serangan bom dalam tiga minggu ini yang menewaskan hampir 100 orang.

Pemerintah menuduh ekstremis Islam dibalik kedua serangan itu.

Pernyataan hari Jumat malam mengatakan langkah itu diambil untuk mempermudah arus lalu lintas selama konferensi itu, yang mengundang ratusan tokoh dan pengusaha internasional serta para pemimpin Afrika. Perdana Menteri China Li Keqiang akan menjadi tamu kehormatan.

Pemerintah Nigeria mengatakan akan mengerahkan 6.000 polisi dan tentara untuk mengamankan acara itu, dan Presiden Goodluck Jonathan meyakinkan para delegasi mengenai keamanan mereka.

Juru bicara kementerian pertahanan Nigeria hari Sabtu mengatakan kedelapan orang yang ditahan itu membantu dengan memberi informasi berguna dalam penyelidikan. Sebagian besar kedelapan orang itu dikatakan warga asing tetapi tidak diketahui kebangsaannya.
XS
SM
MD
LG