Tautan-tautan Akses

Petraeus: Pasukan NATO, Afghan, Pakistan Berkoordinasi soal Operasi


Jenderal David Petraeus, kiri, berbicara dengan komandan NATO di Marjah, Afghanistan, 25 Deember 2010.

Jenderal David Petraeus, kiri, berbicara dengan komandan NATO di Marjah, Afghanistan, 25 Deember 2010.

Petraeus juga memuji Pakistan atas upaya kontra pemberontakannya di wilayah-wilayah dekat perbatasan Afghanistan.

Para komandan teras Amerika dan NATO di Afghanistan menyatakan, pasukan NATO, Afghanistan dan Pakistan akan melakukan operasi yang lebih terkoordinasi menghadapi pemberontak Taliban pada kedua sisi perbatasan Afghanistan-Pakistan.

Dalam wawancara dengan kantor berita Associated Press hari Sabtu, Jenderal David Petraeus mengatakan pasukan di Afghanistan dan Pakistan telah beroperasi dengan “koordinasi sangat erat dalam dua bulan terakhir.”

Ia mengatakan pasukan keamanan kedua negara akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk berkoordinasi dengan pasukan NATO yang dipimpin Amerika “karena kemajuan yang telah dicapai sebelumnya semakin kokoh.”

Associated Press menyatakan berbicara dengan Jenderal Petraeus yang sedang terbang keliling Afghanistan untuk menemui pasukan NATO yang sedang merayakan Natal.

Petraeus juga memuji Pakistan atas upaya kontrapemberontakannya dalam dua tahun terakhir di wilayah-wilayah dekat perbatasan Afghanistan di mana Taliban dan militan lainnya mencari perlindungan. Ia mengatakan pasukan Pakistan telah melakukan operasi yang mengesankan di Lembah Swat, Provinsi North West Frontier dan wilayah-wilayah kesukuan di barat laut.

Amerika telah lama menekan Pakistan agar membersihkan kawasan itu dari pemberontak yang melintas ke Afghanistan untuk menyerang pasukan NATO yang dipimpin Amerika. Tekanan itu kerap membuat tegang hubungan Amerika-Pakistan. Islamabad jengkel karena ada saran agar Pakistan melakukannya lebih kerap lagi.

XS
SM
MD
LG