Tautan-tautan Akses

Petraeus Kecam Bantuan Tunai Iran untuk Afghanistan


Panglima tentara NATO dan AS di Afghanistan, Jenderal David Petraeus.

Panglima tentara NATO dan AS di Afghanistan, Jenderal David Petraeus.

Panglima NATO dan AS di Afghanistan mengatakan, bantuan tunai Iran itu tidak beriktikad baik jika Iran juga mendanai kelompok Taliban.

Panglima tentara NATO dan Amerika di Afghanistan Jenderal David Petraeus mengatakan, bantuan tunai Iran kepada pemerintah Afghanistan tidak beriktikad baik jika Iran juga mendanai Taliban.

Petraeus mengatakan kepada VOA hari Jumat, Ian memberikan dukungan finansial kepada pemerintah Afghanistan, tetapi juga merongrongnya dengan membantu pemberontak yang mengganggu keamanan negara itu.

Menurut Petraeus, Iran mendukung langsung Taliban dengan pelatihan dan peralatan, dan juga memberikan pengarahan kepada pemberontak yang berusaha menggulingkan pemerintahan Hamid Karzai.

Petraeus menyebut pendekatan Iran di Afghanistan berkonflik. Meskipun Teheran membantu Taliban, kata Petraeus, Iran juga ingin Afghanistan mampu memerintah diri sendiri dan bertanggungjawab sendiri atas keamanannya.

Menurut Petraeus, Iran maupun Amerika tidak ingin Afghanistan kembali ke kondisi sebelum tahun 2001di mana Afghanistan dikuasai Taliban dan menjadi tempat berlindung ekstremis trans-nasional seperti al-Qaida.

XS
SM
MD
LG