Tautan-tautan Akses

AS

Petinggi Rusia-AS Langsungkan Pembicaraan di Washington


Menlu AS John Kerry berbicara dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov di Gedung Departemen Luar Negeri AS, Washington (9/8).

Menlu AS John Kerry berbicara dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov di Gedung Departemen Luar Negeri AS, Washington (9/8).

Menlu Amerika John Kerry membuka pertemuannya di Washington, Jumat, dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov dan Menhan Amerika dan Menhan Rusia dengan mengatakan bahwa pembicaraan itu lebih penting daripada masa-masa ketidaksepakatan antara kedua negara.

Berbicara di Gedung Departemen Luar Negeri Amerika, Kerry mengatakan, hubungan Amerika-Rusia ditandai kepentingan bersama kedua pihak dan, kadang-kadang, kepentingan yang berbenturan, tidak hanya mengenai kasus pembocor informasi intelijen Amerika Edward Snowden.

Kerry mengatakan para pejabat Amerika dan Rusia berbicara secara terbuka mengenai hal-hal yang tidak mereka sepakati, namun menekankan bahwa penting bagi kedua negara untuk mencari cara untuk membuat kemajuan dalam pertahanan misil dan isu-isu strategis lain, termasuk Afghanistan, Iran, Korea Utara dan Suriah.

Lavrov mengatakan konflik Suriah adalah prioritas utama kedua negara dan kedua pihak mendukung usaha-usaha untuk menyelenggarakan konperensi perdamaian internasional dan solusi politik hasil perundingan untuk perang itu.

Pembicaraan itu berlangsung pada saat hubungan antara Amerika dan Rusia mencapai titik terendah, dua hari setelah Presiden Barack Obama membatalkan pertemuan puncak bulan depan di Moskow dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Amerika, khususnya, marah karena Rusia memberikan suaka sementara kepada Snowden, dan menolak mengusirnya untuk bisa diadili atas dakwaan spionase di Amerika.
XS
SM
MD
LG