Tautan-tautan Akses

Petani Tiongkok Naik Becak ke Olimpiade

  • Selah Hennessy

Chen Guanming, yang naik becak dari Tiongkok ke London, berpose di daerah pecinan London. (Foto: Reuters)

Chen Guanming, yang naik becak dari Tiongkok ke London, berpose di daerah pecinan London. (Foto: Reuters)

Seorang petani Tiongkok yang juga penggemar Olimpiade menempuh perjalanan melewati 16 negara selama dua tahun untuk menonton Olimpiade 2012.

Para penggemar Olimpiade di seluruh dunia datang ke London untuk melihat kompetisi olahraga tersebut, namun perjalanan mereka barangkali tidak ada yang lebih fantastik daripada yang dilakukan oleh Chen Guanming. Petani Tiongkok tersebut menempuh jarak 60.000 kilometer dengan becak sampai ke London.

Chen mengatakan ia senang sekali ada di London untuk Olimpiade, dan itu sesuatu yang bagus karena ia memerlukan waktu dua tahun untuk sampai di sana.

Ia melewati jalan darat di 16 negara dengan becaknya dari rumahnya di timur Cina. Pada usia 57 tahun, tentu saja perjalanan itu tidak mudah.

“Saya ingin mengekspresikan semangat Olimpiade saya,” ujar Chen. “Dan saya ingin mengirim pesan kepada semua remaja di seluruh dunia untuk menolong mereka mengatasi kesulitan yang dihadapi.”

VOA bertemu dengannya di daerah pecinan London, di mana ia menjadi selebriti lokal.
“Sungguh menyenangkan melihat seseorang seumur dia mau melakukan hal itu. Semangat tim itu sangat membahagiakan. Bagus sekali,” ujar seorang perempuan.

Becak yang dikendarai Chen ditempeli foto-foto petualangannya mengarungi segala cuaca dan medan. Dan kesenangan tidak berhenti di situ.

“Saat Olimpiade selesai, saya akan mengendarai becak ke Amerika Utara, lewat Canada, dan akhirnya ke Brazil, untuk Olimpiade berikutnya,” ujar Chen.

Namun untuk saat ini, katanya, ia akan menikmati sisa Olimpiade 2012.
XS
SM
MD
LG