Tautan-tautan Akses

Petani Batalkan Protes di Bandara Bangkok


Para petani berunjuk rasa di depan kantor sementara PM Thailand Yingluck Shinawatra di Bangkok, 17 Februari 2014.

Para petani berunjuk rasa di depan kantor sementara PM Thailand Yingluck Shinawatra di Bangkok, 17 Februari 2014.

Petani-petani yang marah yang mengendarai ratusan traktor membatalkan ancaman protes mereka di bandara utama Thailand, Jumat.

Pembatalan protes ini memberi kelegaan sementara bagi perdana menteri Thailand yang terpojok serta bagi para calon penumpang yang cemas akan terulangnya blokade besar-besaran di bandara pada tahun 2008.

Para petani membatalkan protes mereka di Bandara Suvarnabhumi, Bangkok, setelah mencapai kesepakatan pada menit terakhir dengan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra, yang setuju untuk membayar beras hasil panen tahun lalu yang telah lama tertunda, pekan depan. Namun demikian, mereka bertekad akan melancarkan protes pekan depan jika pembayaran itu tidak kunjung dilakukan.

Protes petani itu menjadi salah satu masalah yang dihadapi Shinawatra, yang tampak semakin terkikis kekuasaannya menghadapi gerakan antipemerintah menuntut pengunduran dirinya. Para demonstran berkemah tanpa dikenai sanksi selama berpekan-pekan di berbagai persimpangan besar kota Bangkok dan di dekat kompleks Graha Pemerintah. Shinawatra terpaksa bekerja di beberapa kantor lain sejak Desember lalu.

Shinawatra menghadapi kemungkinan pemakzulan terkait tuduhan Komisi Antikorupsi Nasional bahwa ia menjalankan program subsidi beras yang mahal dengan tidak semestinya.
XS
SM
MD
LG