Tautan-tautan Akses

Peserta Lomba 'Spelling Bee' Nasional di AS Diperlakukan Bagai Selebriti


Suasana lomba mengeja Scripps National Spelling Bee ke-88 di National Harbor, Maryland, 27 Mei 2015.

Suasana lomba mengeja Scripps National Spelling Bee ke-88 di National Harbor, Maryland, 27 Mei 2015.

Selama beberapa hari setiap bulan Mei, sejumlah remaja mendapat perlakuan sebagai selebriti di ibukota Amerika Serikat, dalam lomba mengeja atau 'spelling bee' nasional.

Washington, DC, adalah kota yang penuh selebriti atau tokoh terkenal, sebagian besar adalah orang dewasa.

Namun, selama beberapa hari setiap tahun pada akhir bulan Mei, sejumlah remaja mendapat perlakuan sebagai selebriti di ibukota Amerika Serikat itu, dalam lomba mengeja atau spelling bee tahunan.

Sepuluh kontestan dari beberapa negara bagian Amerika tampil di podium di pinggiran kota Washington, Kamis (26/5), untuk berkompetisi dalam tahap akhir Scripps National Spelling Bee, yang memberikan hadiah US$40.000 untuk satu orang pemenang setiap tahun, dan menyita perhatian media. Babak-babak final ditayangkan lewat televisi dalam program olahraga jaringan televisi ESPN.

Para peserta adalah pemenang dari pertandingan tingkat lokal dan regional, sampai akhirnya ke Washington untuk bersaing dalam kompetisi bergengsi itu. Tak hanya dari negara-negara bagian, para kontestan juga datang dari pangkalan-pangkalan militer Amerika di luar negeri. Kebanyakan dari mereka berumur 13 atau 14 tahun.

Kontes tahunan itu telah diadakan secara rutin sejak tahun 1925, kecuali selama Perang Dunia Kedua.

Tahun lalu, dua orang remaja Amerika kelahiran India sama-sama menjadi pemenang, yang pertama sejak tahun 1962 untuk memperebutkan kejuaraan.

Sriram Hathwar dari New York dan Ansun Sujoe dari Texas dinyatakan sebagai pemenang, masing-masing memperoleh hadiah uang tunai $30.000 dolar dan beberapa hadiah. [sp]

XS
SM
MD
LG