Tautan-tautan Akses

Peserta Konklaf Berkurang Setelah Kardinal Indonesia Mundur


Para kardinal berpartisipasi dalam upacara dalam konklaf di Kapel Sistine, Vatikan, untuk memilih Paus Yohannes Paulus pada 1978. (Foto: Dok)

Para kardinal berpartisipasi dalam upacara dalam konklaf di Kapel Sistine, Vatikan, untuk memilih Paus Yohannes Paulus pada 1978. (Foto: Dok)

Peserta konklaf untuk memilih paus baru berkurang satu setelah kardinal dari Indonesia mundur dengan alasan kesehatan.

Jumlah peserta konklaf, atau pertemuan tertutup, yang bertugas memilih paus berikutnya berkurang menjadi 116 orang setelah kardinal dari Indonesia memutuskan ia terlalu tua dan lemah untuk berpartisipasi.

AsiaNews, kantor berita misionaris yang berafiliasi dengan Vatikan, menyatakan Kamis (21/2) bahwa Kardinal Julius Darmaatmadja, 78, uskup agung emeritus Jakarta, menyatakan penglihatan yang buruk dan ketidakmampuan untuk memiliki asisten di dalam Kapel Sistine sebagai alasan untuk tidak mengikuti pemilihan di Vatikan.

Semua kardinal yang berusia 80 tahun ini memiliki hak untuk memberikan suara. Seluruh anggota Kolase Kardinal harus menyetujui siapapun yang meninggalkan kewajibannya, namun persetujuan tersebut sebelumnya diberikan untuk kasus sakit atau ketidakmampuan.

Jadwal untuk konklaf ini belum ditetapkan, namun diperkirakan akan dilakukan dalam dua minggu setelah Paus Benediktus XVI resmi mundur pada 28 Februari.

Juru bicara Vatikan mengatakan Kamis bahwa ia tidak mengantisipasi nominasi kardinal yang baru sebelum pengunduran diri Benediktus. (AP)

XS
SM
MD
LG