Tautan-tautan Akses

Pesawat Militer Ukraina Jatuh di Perbatasan Rusia


Tentara Ukraina siaga di Slovyansk, Ukraina timur (5/7).

Tentara Ukraina siaga di Slovyansk, Ukraina timur (5/7).

Pemberontak pro-Rusia mengklaim mereka menembak jatuh pesawat itu, namun Ukraina menduga pesawat itu ditembak oleh roket Rusia.

Pasukan Ukraina kini mencari awak pesawat kargo militer yang jatuh hari Senin (14/7) di sekitar perbatasan Rusia, sementara tentara dan kelompok separatis memperebutkan kontrol atas daerah-daerah penting di Ukraina Timur.

Kantor berita Rusia Interfax melaporkan para pemberontak menginterogasi empat awak pesawat Antonov An-26 di Krasnodon, sekitar 30 mil perbatasan Rusia.

Pemberontak pro-Rusia mengklaim mereka menembak jatuh pesawat itu, namun pejabat-pejabat Ukraina mengatakan pesawat itu terbang terlalu tinggi untuk dijangkau persenjataan pemberontak dan “mungkin” ditembak oleh roket dari Rusia. Moskow belum berkomentar.

Dalam konferensi pers hari Senin, juru bicara Dewan Pertahanan dan Keamanan Nasional Ukraina Andriy Lysenko menyalahkan Rusia atas peningkatan aksi kekerasan beberapa hari terakhir ini.

Pasukan pemerintah berupaya mengklaim kembali wilayah yang sebelumnya direbut kelompok separatis pro-Rusia selama beberapa bulan terakhir ini dengan serangan-serangan tertarget untuk merebut kembali Luhansk – kota berpenduduk 428 ribu orang.

XS
SM
MD
LG