Tautan-tautan Akses

AS

Pesawat Transpor Militer AS Jatuh di Afghanistan, 11 Tewas


Peta Afghanistan dan distrik Warduj.

Peta Afghanistan dan distrik Warduj.

Para pejabat pertahanan di Lapangan Udara Bagram di Afghanistan mengatakan para awak yang terdiri dari enam anggota militer Amerika, tewas dalam kecelakaan itu.

Sebuah pesawat angkut militer Amerika jatuh di bandara Jalalabad di Afghanistan Timur, menewaskan 11 orang. Kecelakaan itu terjadi Jumat dini hari. Penyebab jatuhnya pesawat C-130 itu masih dalam penyelidikan.

Para pejabat pertahanan di Lapangan Udara Bagram di Afghanistan mengatakan, para awak, yang terdiri dari enam anggota militer Amerika, tewas dalam kecelakaan itu.

Lima orang sipil, pegawai kontrak yang bekerja bagi misi pelatihan NATO, juga tewas dalam insiden tersebut.

Taliban mengklaim telah menembak jatuh pesawat itu, tetapi hal tersebut belum dikukuhkan secara resmi. Namun, Mayor Tony Wickman dari Angkatan Udara Amerika, mengesampingkan klaim tersebut, seraya mengemukakan ia dapat menyatakan dengan keyakinan tinggi bahwa serangan musuh bukan penyebab kecelakaan itu.

Hercules C-130 adalah pesawat kargo bermesin empat yang dibuat oleh Lockheed Martin.

Menurut NATO, ada sekitar 1.000 anggota pasukan koalisi di Afghanistan Timur, termasuk pasukan Amerika dan Polandia, serta sekitar 40 ribu tentara Afghanistan. [ut]

XS
SM
MD
LG