Tautan-tautan Akses

AS

Pesawat Tenaga Surya Tuntaskan Penerbangan di Amerika


Solar Impulse sesaat setelah mendarat di Bandara Internasional John F. Kennedy di New York, Sabtu malam (6/7).

Solar Impulse sesaat setelah mendarat di Bandara Internasional John F. Kennedy di New York, Sabtu malam (6/7).

Pesawat bertenaga surya, Solar Impulse, telah menyelesaikan penerbangan lintas negara bagian yang bersejarah di Amerika Serikat.

Pesawat eksperimen Solar Impulse mendarat di Bandara Internasional John F. Kennedy di New York Sabtu malam, tiga jam lebih cepat dari jadwal setelah kerusakan tak terduga ditemukan di sayap kiri yang terkoyak. Tim Misi pesawat itu mengatakan, baik pilot maupun pesawat tampaknya berada dalam bahaya, namun pendaratan awal telah direncanakan juga sebelumnya.

Tim tersebut menyebut sayap yang terkoyak itu merupakan hambatan bagi pilot André Borschberg yang telah "mengatasinya dengan sangat terampil."

Dengan berkekuatan 11.000 sel surya, pesawat Solar Impulse buatan Swiss itu memulai perjalanan ke seluruh Amerika dari San Francisco pada awal bulan Mei, singgah di lima kota sebelum menyelesaikan perjalanannya ke New York. Pesawat itu lepas landas menuju New York dari pinggiran kota Washington DC ini sebelum fajar hari Sabtu.

Penerbangan selama dua bulan itu merupakan uji coba bagi rencana penerbangan mengelilingi dunia tahun 2015 dengan menggunakan jenis pesawat dengan tenaga yang lebih besar.
XS
SM
MD
LG