Tautan-tautan Akses

Serangan Udara AS Hantam Kilang Minyak ISIS, 30 Tewas


Jet tempur milik AS terbang di atas Irak utara setelah melakukan serangan udara di Suriah. (Foto: Dok)

Jet tempur milik AS terbang di atas Irak utara setelah melakukan serangan udara di Suriah. (Foto: Dok)

Serangan terhadap kilang yang dioperasikan ISIS itu menewaskan 30 orang, mencakup militan dan pekerja.

Para aktivis Suriah mengatakan serangan udara koalisi yang dipimpin Amerika Serikat mengenai satu kilang minyak di Suriah utara, Minggu (8/3), menewaskan 30 orang.

Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris, yang menggunakan jaringan sumber di seluruh Suriah untuk melacak kekerasan di sana, mengatakan kelompok Negara Islam (ISIS) mengoperasikan kilang itu, dan korban yang tewas mencakup militan dan pekerja.

Koalisi pesawat tempur yang mendukung militer Irak dalam serangannya untuk merebut kembali wilayah itu dari pasukan ISIS, telah melakukan lebih dari 2.300 serangan udara di Irak dan Suriah sejak Agustus, menurut data dari Departemen Pertahanan Amerika.

Serangan-serangan tersebut mencakup satu serangan baru-baru ini untuk menanggapi permohonan pemerintah Irak akan pertolongan untuk melindungi tempat-tempat purbakala negara itu, yang telah menjadi sasaran penghancuran oleh militan dalam beberapa minggu ini.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan dalam pernyataan hari Minggu ia sangat marah oleh penghancuran tempat-tempat kebudayaan, termasuk tempat Warisan Dunia UNESCO di Hatra, Irak utara.

XS
SM
MD
LG