Tautan-tautan Akses

Pesawat Tempur Australia Lakukan Misi Pertama di Irak


Jet tempur Koalisi AS untuk serangan terhadap ISIS mendarat di atas kapal di Teluk Persia, setelah terbang dari Irak. (AP/Hasan Jamali)

Jet tempur Koalisi AS untuk serangan terhadap ISIS mendarat di atas kapal di Teluk Persia, setelah terbang dari Irak. (AP/Hasan Jamali)

Kementerian Pertahanan Australia mengatakan bahwa dua dari pesawatnya melakukan misi tadi malam di Irak utara, tetapi kedua pesawat tidak menembak sasaran apapun.

Pesawat tempur Australia telah melakukan misi tempur pertama di langit Irak sebagai bagian dari usaha internasional untuk memerangi kelompok militan Negara Islam (ISIS).

Kementerian Pertahanan Australia mengatakan Senin (6/10) bahwa dua dari pesawatnya melakukan misi tadi malam di Irak utara, tetapi kedua pesawat tidak menembak sasaran apapun.

Penerbangan itu dilaksanakan setelah Kabinet Australia menyetujui pengerahan pesawat tempur dan pasukan khusus ke Irak. Kementerian Pertahanan mengatakan Senin mereka masih menunggu pemerintah Irak mengizinkan pasukan khusus untuk memulai “operasi memberi saran dan bantuan di Irak.”

Pasukan Amerika telah melakukan serangan udara selama beberapa minggu di Suriah dan Irak terhadap kelompok ISIS. Militer AS mengatakan Minggu serangan paling baru mencakup penghancuran tank-tank dekat Fallujah, Hit dan Sinjar di Irak.

XS
SM
MD
LG