Tautan-tautan Akses

AS

Petugas Pakai Pesawat Tanpa Awak untuk Padamkan Kebakaran di California


Para petugas pemadam kebakaran menggali lubang pembatas api untuk melindungi taman nasional Yosemite dari kebakaran hutan (25/8).

Para petugas pemadam kebakaran menggali lubang pembatas api untuk melindungi taman nasional Yosemite dari kebakaran hutan (25/8).

Lebih dari 4.500 petugas pemadam kebakaran sedang berusaha menaklukkan kebakaran hutan yang telah melahap 78 ribu hektar lahan, termasuk Taman Nasional Yosemite.

Para pemadam kebakaran di negara bagian California mengatakan, mereka memiliki senjata khusus dalam usaha mengatasi kebakaran hutan besar-besaran, yakni Predator -- pesawat tanpa awak seperti yang digunakan di Afghanistan.

Pihak berwenang mengatakan, mereka menggunakan pesawat tanpa awak untuk memperoleh informasi mengenai kebakaran-kebakaran baru yang mereka tidak bisa ketahui dengan cara biasa. Dinas Urusan Hutan Amerika mengatakan, sabuk api telah membengkak menjadi sekitar 780 kilometer persegi.

Lebih dari 4.500 petugas pemadam kebakaran sedang berusaha menaklukkan kebakaran besar itu, yang telah melahap sekitar 78 ribu hektar lahan, termasuk Taman Nasional Yosemite. Dinas Urusan Hutan Amerika mengatakan para petugas pemadam telah berhasil mengendalikan 30 persen kebakaran dan memperkirakan akan dapat mengendalikan seluruhnya pada tanggal 20 September.

Usaha memadamkan kebakaran sejauh ini terhalang angin kuat, temperatur yang tinggi, dan permukaan curam yang tak bisa diakses.

Kebakaran hebat itu telah menghancurkan lebih dari 100 rumah, bisnis dan bangunan lain. Pihak berwenang mengatakan, sekitar 4500 bangunan lain terancam dilalap api.

Evakuasi wajib diberlakukan sedikitnya di dua kawasan.
XS
SM
MD
LG