Tautan-tautan Akses

Pesawat Tak Berawak AS Tewaskan Pemimpin Al-Qaida


Ilyas Kashmiri, pemimpin Harkat-ul-Jehad Islami yang melawan pasukan India di Kashmir tewas akibat serangan misil AS, Jumat (3/6).

Ilyas Kashmiri, pemimpin Harkat-ul-Jehad Islami yang melawan pasukan India di Kashmir tewas akibat serangan misil AS, Jumat (3/6).

Salah seorang pemimpin senior al-Qaida Ilyas Kashmiri tewas dalam serangan di Waziristan selatan, bersama 8 militan lainnya hari Jumat.

Salah seorang pemimpin teroris, yang paling dicari-cari di Pakistan, tewas terbunuh dalam serangan yang diduga dilakukan pesawat tak berawak Amerika.

Sumber-sumber intelijen Pakistan hari Sabtu mengatakan pemimpin senior al-Qaida Ilyas Kashmiri tewas dalam serangan di Waziristan selatan, bersama 8 militan lain.

Kelompok militan Kashmiri, Harakat-ul-Jihad al-Islami (HUJI) mengukuhkan kematian Kashmiri dalam pernyataan yang dikirim melalui fax ke organisasi-organisasi media. HUJI menyatakan Kashmiri menjadi “syuhada” hari Jumat.

Amerika menetapkan Kashimiri sebagai “Teroris Global Paling Dicari” dan menawarkan hadiah lima juta dolar bagi informasi yang menjurus kepada penangkapannya.

Pejabat-pejabat intelijen menganggap Kashmiri sebagai salah seorang agen teroris paling berbahaya dan sangat terlatih. Pejabat-pejabat Pakistan mencurigainya mengotaki serangan bulan lalu terhadap pangkalan angkatan laut di Karachi, di mana sejumlah militan melawan pasukan Pakistan selama sekitar 17 jam.

Pejabat-pejabat juga mengaitkan Kashmiri dengan serangan teror Mumbai tahun 2008 yang menewaskan 166 orang. Dan Amerika menyalahkan HUJI atas pemboman konsulat Amerika di Karachi Maret 2006 yang menewaskan empat orang dan melukai 48 lainnya. Dewan juri Amerika mendakwa Kashmiri tahun 2010 karena bersekongkol untuk menyerang surat kabar Denmark.

XS
SM
MD
LG