Tautan-tautan Akses

Pesawat Tak Berawak Amerika Tewaskan 4 Tersangka Militan Pakistan


Peta wilayah Waziristan Utara (Foto: dok).

Peta wilayah Waziristan Utara (Foto: dok).

Para pejabat Pakistan mengatakan serangan pesawat tak berawak Amerika menewaskan empat tersangka militan, Selasa (10/1) ketika pesawat itu menyerang kompleks di bagian barat-laut negara itu dekat perbatasan Afghanistan.

Serangan hari Selasa dekat Miran Shah di Waziristan Utara itu adalah yang pertama serangan demikian sejak helikopter NATO dari Afghanistan secara keliru menewaskan 24 tentara Pakistan di perbatasan itu November lalu.

Bulan lalu, satu surat kabar terkemuka Amerika mengatakan Badan Intelijens Pusat Amerika telah menghentikan serangan pesawat tak berawak yang diarahkan terhadap militan tingkat rendah di Pakistan selama enam minggu dalam usaha untuk memperbaiki hubungan yang sangat rusak dengan negara Asia Selatan itu.

Los Angeles Times mengutip pejabat Amerika yang tidak disebut namanya mengatakan penghentian serangan yang tidak diumumkan oleh CIA itu bertujuan untuk memperbaiki semakin berkurangnya rasa saling percaya antara kedua negara, setelah beberapa insiden maut, termasuk serangan NATO bulan November.

Penyelidikan bersama Amerika-NATO-Afghanistan menyimpulkan bahwa rentetan kesalahan, termasuk komunikasi yang gagal di pihak NATO dan Pakistan, mengakibatkan insiden bulan November itu. Pakistan, yang tidak ikut dalam peninjauan kembali itu, menolak temuan tersebut.

XS
SM
MD
LG