Tautan-tautan Akses

Pesawat Suriah Membom Posisi Pemberontak di Perbatasan Lebanon

  • Edward Yeranian

Seorang tentara pemberontak Suriah siaga di kota pegunungan Yabroud (13/3).

Seorang tentara pemberontak Suriah siaga di kota pegunungan Yabroud (13/3).

Pesawat-pesawat tempur Suriah hari Kamis (20/3) membom kawasan-kawasan di sepanjang perbatasan utara Lebanon di tengah pertempuran sengit antara pemberontak dan pasukan pemerintah di kota perbatasan.

Sejumlah ambulans membawa korban pertempuran ke RS-RS di Lebanon utara. Pejuang pemberontak dan warga sipil menyeberangi sebuah sungai di perbatasan memasuki Lebanon setelah pos perbatasan yang biasa ditutup.

Televisi pemerintah Suriah melaporkan pasukan pemerintah telah merebut kota Qala'at al-Hosn pada siang hari, tapi laporan itu belum bisa dikukuhkan. Jet-jet tempur Suriah dilaporkan menghujani sejumlah kawasan dekat perbatasan itu dengan tembakan menyebabkan jatuhnya korban.

Seorang pemuda yang tinggal di daerah Lebanon itu mengeluh konflik Suriah itu telah merembet ke Lebanon.

Ia mengatakan perempuan dan anak-anak dibom dan bagian-bagian di desanya dihujani roket, yang merusak rumah-rumah dan mencederai penduduk desa. Ia mengklaim warga Suriah terdampar di daerah tak bertuan di sepanjang perbatasan itu karena militer Lebanon tidak mengizinkan mereka masuk.

TV Al-Arabiya melaporkan 800 sampai 1000 warga Suriah terlantar di sepanjang perbatasan itu dan berusaha memasuki Lebanon ditengah-tengah tembakan pasukan pemerintah Suriah. Stasiun televisi itu menambahkan bahwa puluhan warga Suriah cedera dan membutuhkan perawatan.

Di Beirut, seorang anggota parlemen Sunni dari Lebanon utara saling kecam dengan ketua parlemen Shiah Muslim dan mengklaim bahwa tentara Lebanon menghalangi warga Suriah yang membutuhkan bantuan masuk ke negara itu.

Milisi Shiah Hezbollah Lebanon telah membantu pasukan pemerintah Suriah merebut kantong-kantong pemberontak di sepanjang perbatasan Lebanon itu. Jalan raya strategis yang menghubungkan ibukota Damaskus dengan wilayah pantai utara Suriah berada dekat perbatasan itu.

Tentara Suriah dan sekutu milisinya minggu lalu merebut kota pegunungan Yabroud jauh ke selatan perbatasan itu. Puluhan pemberontak tewas dalam pertempuran baru-baru ini.

Pejuang pemberontak dari kelompok Islamis Jabhat al-Nusrat hari Rabu mengaku merebut posisi tentara Suriah di luar Yabroud. Video-video amatir menunjukkan para pejuang berada dekat sebuah gudang senjata dan sebuah tank pemerintah. Tapi klaim itu tidak bisa dikukuhkan.

Pemberontak juga mengklaim merebut desa yang dikuasai pemerintah dekat kota terbesar ke empat Suriah, Hama. Dua hari sebelumnya pemberontak melaporkan merebut kompleks penjara pemerintah di kota selatan Dara’a.
XS
SM
MD
LG