Tautan-tautan Akses

AS

Pesawat Nirawak AS Tewaskan Tokoh al-Shabab di Somalia


Sebuah pesawat nirawak (drone) Amerika (foto: ilustrasi).

Sebuah pesawat nirawak (drone) Amerika (foto: ilustrasi).

Serangan pesawat nirawak (drone) Amerika di Somalia telah menewaskan seorang anggota senior kelompok militan al-Shabab, Hassan Ali Dhore hari Kamis (31/3).

Seorang pejabat Amerika mengatakan serangan sebuah pesawat nirawak Amerika di Somalia telah menewaskan seorang anggota senior kelompok militan al-Shabab.

Menurut para pejabat Somalia korban serangan itu, Hassan Ali Dhore, memimpin tim pembunuh al-Shabab. Tahun lalu Dhore ditempatkan pada urutan pertama daftar 12 tokoh akl-Shabab yang paling diburu karena terlibat dalam serangan-serangan teror di Mohadishu.

Di Departemen Pertahanan Amerika sekretaris pers Peter Cook mengukuhkan bahwa Amerika melancarkan serangan itu hari Kamis (31/3) bekerjasama dengan pasukan Somalia.

Ditambahkan, Dhore telah merencanakan dan memimpin serangan-serangan yang menewaskan setidaknya 3 warga Amerika, dan diduga ia sedang merencanakan serangan-serangan lebih jauh terhadap warga Amerika di Somalia.

Militan Al-Shabab, yang telah melancarkan serangan-serangan di Kenya dan seluruh Somalia, diyakini terkait erat dengan jaringan teror al-Qaida.

Wakil panglima angkatan darat Somalia, Jenderal Ali Bashe, mengatakan bahwa pasukan komando Somalia yang melancarkan operasi di wilayah yang dikuasai al-Shabab berhasil menemukan dan mengidentifikasi Dhore. [ds]

XS
SM
MD
LG