Tautan-tautan Akses

Pesawat Penumpang Nigeria Jatuh di Lagos, 153 Orang Tewas


Warga berdiri di dekat reruntuhan pesawat yang jatuh di kota Lagos, Nigeria hari Minggu (3/6). Seluruh 153 penumpang dan awak pesawat dilaporkan tewas.

Warga berdiri di dekat reruntuhan pesawat yang jatuh di kota Lagos, Nigeria hari Minggu (3/6). Seluruh 153 penumpang dan awak pesawat dilaporkan tewas.

Para pejabat Nigeria mengatakan tidak ada penumpang atau awak pesawat yang selamat dalam kecelakaan pesawat di Lagos hari Minggu (3/6) itu.

Nigeria memulai masa berkabung tiga hari hari Senin setelah sebuah pesawat jatuh di Lagos hari Minggu, menewaskan ke-153 orang di dalamnya.

Reruntuhan pesawat terbang komersial itu terus terbakar hari Senin selagi para petugas darurat mengangkut jenazah para korban dari lokasi kecelakaan di daerah pemukiman yang padat penduduknya di kota terbesar Nigeria.

Presiden Goodluck Jonathan telah memerintahkan dilakukannya penyelidikan menyeluruh atas kecelakaan itu.

Para pejabat dari Badan Penerbangan Sipil Nigeria mengatakan pesawat pesawat Boeing jenis MD-83 milik maskapai penerbangan Dana Airline itu sedang dalam penerbangan dari Abuja ke Lagos ketika jatuh dan menimpa sebuah gedung bertingkat dua dan menyebabkan beberapa gedung lain terbakar.

Laporan media mengatakan kekacauan terjadi setelah kecelakaan itu. Tim SAR harus melewati keramaian orang dan para tentara yang agresif saat berupaya mendekati reruntuhan pesawat untuk mencari orang-orang yang selamat.

Para pejabat penerbangan mengatakan pilot pesawat itu menghubungi menara pengawas Lagos untuk menyatakan keadaan darurat beberapa menit sebelum kecelakaan itu terjadi.

Tiongkok mengatakan enam warganya berada dalam pesawat itu.

Tidak ada informasi tentang jumlah korban tewas atau cedera, tapi kantor berita Perancis AFP mengutip para pejabat yang mengatakan tidak ada penumpang atau awak pesawat yang selamat. Jumlah orang yang kemungkinan tewas di darat masih belum diketahui.
XS
SM
MD
LG