Tautan-tautan Akses

AS Kirim Senjata untuk Pemberontak Suriah di Kota yang Dikepung ISIS


Para pemberontak Suriah dari kelompok Tentara Pembebasan Suriah (FSA) yang didukung oleh negara-negara Barat (foto: dok).

Para pemberontak Suriah dari kelompok Tentara Pembebasan Suriah (FSA) yang didukung oleh negara-negara Barat (foto: dok).

Ini adalah pasokan pertama yang mereka terima lagi dari Amerika Serikat setelah bermingu-minggu meminta bantuan.

Pesawat kargo militer Amerika menjatuhkan senjata ringan dan misil anti-tank Kamis (2/6) untuk pemberontak yang terkepung oleh kelompok teror ISIS di kota Marea, Suriah utara. Ini adalah pasokan pertama yang mereka terima lagi dari Amerika Serikat setelah bermingu-minggu meminta bantuan, menurut aktivis lokal.

Pesawat tempur AS juga telah meluncurkan beberapa serangan udara terhadap posisi-posisi ISIS di pedesaan utara kota Aleppo dalam upaya membantu pejuang Marea mengusir para jihadis yang bermingu-minggu berusaha merebut kota itu, yang penting bagi pemberontak anti-Assad di pedesaan Aleppo.

Pemberontak dengan Tentara Pembebasan Suriah (FSA) selama berminggu-minggu memohon bantuan AS dan mengeluh bahwa Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi dibantu dukungan udara dan senjata sementara mereka telah diabaikan dan ditinggalkan sendiri.

Pertempuran untuk kota-kota Azaz dan Marea telah berkobar dan surut sejak Februari, tapi dorongan ISIS kali ini lebih kuat, mungkin untuk menggantikan wilayah di provinsi Raqqa yang baru-baru jatuh ke tangan SDF yang didukung AS.

Marea dan Azaz jatuh ke pasukan oposisi pada tahun 2012 dan merupakan persinggahan penting sepanjang rute pasokan pemberontak dari Turki ke Aleppo, yang telah berusaha dikepung pemerintah selama berbulan-bulan. [as/uh]

XS
SM
MD
LG