Tautan-tautan Akses

AS

Pesawat Mata-mata AS Nyasar Masuki Swedia


Pesawat pengintai Angkatan Udara Amerika jenis RC-135 (foto: dok).

Pesawat pengintai Angkatan Udara Amerika jenis RC-135 (foto: dok).

Pesawat mata-mata AS memasuki wilayah udara Swedia tanpa izin untuk menghindari pesawat-pesawat Rusia di atas Laut Baltik.

Pejabat-pejabat militer Amerika mengatakan salah satu pesawat mata-matanya melenceng ke wilayah udara Swedia tanpa izin baru-baru ini, untuk menghindari pesawat-pesawat Rusia di atas Laut Baltik.

Komando Amerika Eropa kepada harian New York Times pekan ini mengatakan pesawat pengintai Angkatan Udara Amerika RC-135, yang sedang terbang di wilayah udara internasional pada 18 Juli, didekati jet-jet tempur Rusia.

Pejabat-pejabat Amerika mengatakan pilot Amerika masuk ke wilayah udara Swedia secara tidak sengaja ketika berusaha menghindari pesawat-pesawat Rusia.

Komando Eropa itu mengatakan pilot secara salah disarankan masuk ke wilayah udara itu oleh personil Amerika. Swedia bukanlah anggota NATO.

Insiden tersebut dilaporkan terjadi di dekat Kaliningrad, kantong Rusia yang terletak antara Polandia dan Lithuania yang memiliki pelabuhan utama untuk armada Baltik Rusia.

Hubungan antara Amerika dan Rusia berada pada tingkat terendah sejak Perang Dingin karena ketegangan mengenai Ukraina. Amerika menuduh Rusia mendukung dan mempersenjatai separatis pro-Rusia di Ukraina timur, sedangkan Rusia menyalahkan pemerintah Kyiv yang didukung Amerika atas berlanjutnya kekerasan antara pemberontak dan pasukan Ukraina.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG