Tautan-tautan Akses

Pesawat Antariksa Rusia Kirim Pasokan untuk ISS


Awak stasiun antariksa internasional (ISS) mendapat kiriman hampir tiga ton makanan, bahan bakar dan pasokan hari Minggu 28/7 (foto: dok).

Awak stasiun antariksa internasional (ISS) mendapat kiriman hampir tiga ton makanan, bahan bakar dan pasokan hari Minggu 28/7 (foto: dok).

Pesawat kargo antariksa tak berawak Rusia, "Progress 52" memuat hampir tiga ton makanan, bahan bakar dan pasokan untuk awak stasiun antariksa.

Pesawat kargo antariksa Rusia hari Minggu berhasil merapat ke Stasiun Antariksa Internasional atau ISS pada pukul 02.26 GMT sekitar enam jam setelah peluncurannya dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan.

Badan antariksa Rusia, yang dikenal sebagai Roscosmos, mengatakan proses merapatnya pesawat itu dilakukan secara otomatis menyusul peluncuran yang berlangsung mulus.

NASA mengatakan pesawat kargo antariksa tak berawak "Progress 52" memuat hampir tiga ton makanan, bahan bakar dan pasokan untuk awak Ekspedisi 36, serta peralatan ilmiah. Ekspedisi 36 adalah misi ISS saat ini, yang merupakan misi ke 36.

Pesawat kargo antariksa itu juga membawa alat perbaikan ruang angkasa untuk membantu astronot mengganti bagian dari helm yang tidak berfungsi yang digunakan astronot Italia ketika sedang melakukan kegiatan di luar stasiun antariksa tanggal 16 Juli lalu sehingga terpaksa dihentikan.

Astronot itu, Luca Parmitano, wajahnya hampir terendam dalam helm tersebut ketika melakukan kegiatan di luar stasiun antariksa itu.

NASA masih belum mengetahui secara jelas mengapa air bocor ke helm itu, tapi permasalahan diperkirakan akibat sistem pendingin.

Pesawat antariksa Progress 52 diperkirakan akan tetap merapat di Stasiun Antariksa itu setidaknya selama lima bulan ke depan.
XS
SM
MD
LG