Tautan-tautan Akses

Pesawat Kargo Antariksa Merapat di Stasiun Antariksa Internasional


Gambar dari NASA-TV menunjukkan Cygnus terhubung dengan ISS, Minggu (29/9).

Gambar dari NASA-TV menunjukkan Cygnus terhubung dengan ISS, Minggu (29/9).

Sebuah pesawat kargo antariksa komersial, yang sedang dalam penerbangan ujicoba, telah merapat ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Cygnus diluncurkan dari Fasilitas Penerbangan NASA di Wallops Island di negara bagian Virginia pada 18 September lalu, dan awalnya dijadwalkan merapat di ISS pada 22 September. Tetapi gangguan pada perangkat lunak navigasi membuat jadwal tersebut mundur menjadi hari Minggu.

NASA menyatakan bahwa proses berlabuhnya Cygnus dimulai Kamis malam lalu dengan serangkaian penyalaan roket di antariksa, yang mengarahkan Cygnus ke ISS, yang sekarang ini ditempati lima awak lelaki dan seorang perempuan, yang mewakili Rusia, Amerika Serikat dan Badan Antariksa Eropa.

Selagi Cygnus mendekati stasiun antariksa tersebut, teknisi pengendali penerbangan itu, Luca Parmitano dari Italia dan Karen Nyberg dari Amerika bekerjasama dengan Pengendali Misi untuk menerima pesawat kargo itu. Cygnus mengarahkan laser pelacak ke lab antariksa itu, dan kemudian sebuah lengan robot menarik Cygnus sewaktu pesawat itu berada dalam jarak 10 meter dari ISS. Para awak pada akhirnya merapatkan Cygnus ke ISS.

Cygnus dimiliki perusahaan Orbital Sciences dari Dulles, Virginia. Orbital adalah perusahaan ke-dua yang mengirim pesawat kargo komersial ke ISS. SpaceX sebelumnya telah menuntaskan dua misi ujicoba pengiriman perberkalan.
XS
SM
MD
LG