Tautan-tautan Akses

Pesawat Endeavour Telah Kembali ke Bumi


Astronot Mark Kelly, komandan pesawat ulang-alik Endeavour dalam misi terakhir sebelum dipensiunkan.

Astronot Mark Kelly, komandan pesawat ulang-alik Endeavour dalam misi terakhir sebelum dipensiunkan.

Pendaratan hari Rabu mengakhiri karir antariksa 19 tahun pesawat Endeavour dan pesawat ulang-alik kedua yang dipensiunkan.

Pesawat antariksa Amerika “Endeavour” telah kembali ke bumi Rabu pagi setelah menyelesaikan penerbangan terakhirnya ke Stasiun Antariksa Internasional.

Komandan Mark Kelly dan awaknya mendarat dengan selamat di Pusat Antariksa Kennedy, Florida. Ini adalah yang ke-25 kali, atau kira-kira seperlima misinya, NASA mendaratkan pesawat ulang-alik antariksa pada malam hari.

Endeavour telah menghabiskan lebih dari dua minggu di antariksa, mengantar detektor sinar kosmik 2 milyar dolar dan suku cadang ke Stasiun Antariksa Internasional. Kelly mengatakan pesawat itu telah terbang dengan sangat baik.

Pendaratan hari Rabu mengakhiri karir antariksa 19 tahun pesawat Endeavour dan menjadi pesawat yang kedua dari tiga pesawat ulang-alik antariksa Amerika yang akan dipensiunkan. NASA mengatakan Endeavour telah terbang sepanjang 198 juta kilometer dalam ke-25 misinya.

Pesawat ulang-alik Atlantis dijadwalkan akan diluncurkan ke antariksa bulan Juli, misi terakhir program penerbangan 30 tahun pesawat ulang-alik antariksa Amerika.

XS
SM
MD
LG