Tautan-tautan Akses

Pesawat Antariksa Swasta Merapat ke Stasiun Internasional


Kapsul Dragon buatan perusahaan SpaceX ditangkap dengan lengan robot oleh para astronot stasiun antariksa internasional (25/5).

Kapsul Dragon buatan perusahaan SpaceX ditangkap dengan lengan robot oleh para astronot stasiun antariksa internasional (25/5).

Pesawat antariksa milik swasta untuk pertama kali berhasil mencapai stasiun antariksa internasional (ISS) hari Jumat (25/5).

Kapsul Dragon, yang dibuat perusahaan Amerika SpaceX, hari Jumat merapat ke ISS, di mana astronot di sana mampu menerimanya. Astronot menggunakan lengan robot stasiun antariksa itu untuk menangkap kapsul itu dan dijadwalkan akan membukanya hari Sabtu.

Keberhasilan itu memulai babak baru dalam program antariksa Amerika setelah Badan antariksa NASA memensiunkan armada pesawat ulang aliknya tahun lalu. Manajer program stasiun antariksa NASA, Mike Suffredini mengatakan cara SpaceX membangun, mengujicoba dan meluncurkan pesawat antariksa adalah “luar biasa”.

CEO SpaceX dan miliarder Elon Musk mengatakan, "banyak hal yang bisa salah, tapi ini berjalan lancar."

Penasihat sains dan teknologi Presiden Barack Obama, John Holdren, menilai misi itu "prestasi ilmu dan teknologi luar biasa yang bersejarah."

Dragon akan tetap tersambung dengan ISS selama seminggu supaya awak ISS bisa membongkar pasokan yang beratnya lebih dari 500 kilogram dan mengisi Dragon dengan peralatan bekas untuk dibawa pulang ke Bumi.

NASA beralih ke SpaceX dan perusahaan swasta lain untuk mengangkut perbekalan, dan akhirnya astronot, ke stasiun antariksa, mengambil-alih tugas pesawat ulang alik yang kini pensiun.
XS
SM
MD
LG