Tautan-tautan Akses

Pesawat Bertenaga Surya Lintasi Pasifik, Tiba di California


Solar Impulse 2

Solar Impulse 2

Solar Impulse 2 terbang di atas Jembatan Golden Gate San Francisco disaksikan banyak orang.

Sebuah pesawat bertenaga surya telah tiba di negara bagian California, AS setelah menyelesaikan penerbangan paling berbahaya dari perjalanannya mengelilingi dunia, penerbangan 56 jam di atas Samudera Pasifik. Penerbangan itu berbahaya karena tidak ada tempat pendaratan darurat.

Solar Impulse 2 terbang di atas Jembatan Golden Gate San Francisco disaksikan banyak orang.

Pesawat itu diperkirakan akan tetap terbang hari Sabtu sampai tengah malam ketika angin mereda, kemudian mendarat di Moffett Airfield di Silicon Valley.

Pilot Bertrand Piccard mengatakan mendarat di Silicon Valley memiliki makna tersendiri.

"Bayangkan melintasi jembatan Golden Gata dengan pesawat bertenaga surya, seperti yang dilakukan kapal-kapal beberapa abad lalu. Tetapi pesawat ini tidak berisik dan tidak berpolusi,” kata Piccard dalam video siaran langsung dari pesawat itu.

Pesawat itu juga bergerak sangat pelan dengan kecepatan 45 kilometer per jam, dan bergerak dua kali lebih cepat ketika sinar matahari bersinar paling terik.

Solar Impulse 2 akan terbang di melintasi benua AS ke New York sebelum menyeberangi Samudera Atlantik ke Eropa atau Afrika Utara sebelum kembali lagi di Abu Dhabi, dimana pesawat itu bertolak pada bulan Maret 2015. [vm]

XS
SM
MD
LG