Tautan-tautan Akses

Pesawat Antariksa SpaceX Dragon Kembali ke Bumi


Pesawat kargo SpaceX Dragon terlihat di ujung lengan robot Canadarm2 stasiun antariksa internasional (ISS) dalam persiapan kembali ke bumi (31/5).

Pesawat kargo SpaceX Dragon terlihat di ujung lengan robot Canadarm2 stasiun antariksa internasional (ISS) dalam persiapan kembali ke bumi (31/5).

Pesawat kargo antariksa SpaceX Dragon berangkat dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS) menuju Bumi (31/5).

Pesawat logistik antariksa milik swasta yang pertama di dunia, SpaceX Dragon akan bertolak dari stasiun antariksa itu hari ini (31/5) menuju Samudera Pasifik sebelah barat-daya Los Angeles, California.

Dragon berhasil mengorbit Bumi dan kembali dalam penerbangan uji-coba tahun 2010. Tetapi, pimpinan misi John Couluris menyebut proses pendaratan kapsul tersebut di Samudra Pasifik merupakan tahap penerbangan yang sangat menantang. Ia mengatakan tidak ada orang yang menganggap enteng pendaratan kembali pesawat antariksa ke bumi.

Couluris menyebut misi pesawat logistik Dragon ini telah meraih kesuksesan besar.

Dragon diluncurkan tanggal 22 Mei dan merapat ke stasiun antariksa tiga hari kemudian. Pesawat ini menjadi pesawat kargo antariksa yang pertama dimiliki swasta untuk mengangkut pangan dan perbekalan ke stasiun antariksa.

Sejak NASA memensiunkan armada pesawat antariksa ulang-alik atau Space Shuttle tahun lalu, Amerika Serikat dan Rusia harus bergantung pada pesawat ulang-alik Soyuz Rusia untuk mengangkut awak serta perbekalan ke stasiun antariksa dan kembali ke bumi.

SpaceX adalah milik wiraswasta Internet, Elon Musk. Ia mengatakan ia berencana untuk dapat menerbangkan manusia ke stasiun antariksa sebelum tahun 2015.
XS
SM
MD
LG