Tautan-tautan Akses

Pesawat Antariksa Swasta Pertama Kembali dari Stasiun Antariksa Internasional


Kapsul Dragon diambil dari stasiun antariksa internasional (10/10).

Kapsul Dragon diambil dari stasiun antariksa internasional (10/10).

Pesawat Dragon buatan perusahaan Space-X membawa kira-kira 900 kg peralatan ilmiah dan berbagai peralatan stasiun antariksa yang tidak dipakai lagi.

Pesawat antariksa tak-berawak swasta telah kembali ke Bumi setelah mengantar kargo resmi yang pertama ke Stasiun Antariksa Internasional.

Pesawat antariksa swasta tidak berawak yang membawa contoh-contoh bahan medis dari stasiun antariksa internasional yang mengorbit bumi, telah mendarat dengan parasut di Lautan Pasifik, di lepas pantai California hari Minggu siang.

Kapsul tersebut membawa pulang kira-kira 750 kilogram kargo, termasuk peralatan, eksperimen ilmiah, dan sampel medis yang diambil dari para astronot di dalam stasiun antariksa, termasuk 500 sampel darah dan urin para astronaut yang telah dikumpulkan sejak satu tahun terakhir.

Ini merupakan kiriman barang pertama yang menggunakan pesawat antariksa swasta setelah dipensiunkannya armada pesawat ulang-alik Amerika tahun lalu.

Kargo tersebut akan disampaikan kepada badan antariksa Amerika NASA, yang mempunyai kontrak $1,6 miliar dengan SpaceX untuk melakukan 12 perjalanan mengangkut perbekalan dan peralatan ke stasiun antariksa.

Perusahaan Space-X yang berkantor di California membimbing kapsul Dragon yang baru tiba dari stasiun antariksa itu untuk mendarat dengan payung kira-kira 200 kilometer dari lepas pantai Semenanjung Baja di California.

Astronaut di stasiun antariksa itu menggunakan lengan robot raksasa untuk meluncurkan pesawat kargo komersial tadi dari ketinggian 410 km di atas bumi. Pesawat Space-X itu terus mengirim video lewat Twitter, termasuk video ketika pesawat itu melepaskan diri dari stasiun antariksa.

Pesawat Dragon adalah satu-satunya pesawat kargo yang mampu kembali ke bumi tanpa terbakar habis ketika memasuki atmosfir bumi. Badan antariksa Amerika NASA telah memensiunkan pesawat ulang-aliknya tahun lalu setelah pesawat Atlantis membawa kargo terakhir dari dan ke stasiun antariksa bulan Juli tahun lalu.

Pesawat Dragon diluncurkan tiga minggu lalu dari pusat antariksa Cape Canaveral, dengan membawa makanan, pakaian, es krim dan berbagai keperluan lain bagi keenam awak stasiun antariksa itu.

Misi pengangkutan kargo yang berikut dijadwalkan untuk Januari.

Kapsul Soyuz Rusia adalah satu-satunya pesawat antariksa lain yang membawa pulang apapun ke Bumi dari stasiun itu, dan tidak mempunyai ruangan untuk kargo karena pesawat tersebut digunakan untuk angkutan astronot.
XS
SM
MD
LG