Tautan-tautan Akses

Pesawat Antariksa Rusia Rusak, Diduga akan Jatuh ke Bumi


Pesawat antariksa tanpa awak 'Phobos-Grunt' sebelum peluncuran di Baikonur, Kazakhstan (9/11).

Pesawat antariksa tanpa awak 'Phobos-Grunt' sebelum peluncuran di Baikonur, Kazakhstan (9/11).

Pesawat antariksa tanpa awak ke Mars itu berhasil diluncurkan dengan roket dari Kazakhstan hari Rabu, sebelum kerusakan itu terjadi.

Seorang sumber di industri antariksa Rusia mengungkapkan, tipis kemungkinan untuk bisa menyelamatkan misi tanpa awak Rusia ke Mars yang masih terjebak di orbit rendah bumi.

Sumber itu hari Jumat memberitahu kantor berita Rusia Interfax, berbagai upaya tadi malam untuk mengontak lagi pesawat antariksa itu tidak berhasil.

Ditambahkan, upaya-upaya menjalin kontak dengan pesawat itu akan diteruskan, dengan menggunakan fasilitas-fasilitas di Bumi yang dioperasikan NASA dan Badan Antariksa Eropa.

Pesawat antariksa Phobos-Grunt bermasalah beberapa menit setelah peluncurannya. Pesawat itu menuju Phobos, bulan Mars, dan juga membawa satelit Tiongkok untuk mengorbit Mars.

Pesawat bernilai 165 juta dolar itu akan jatuh ke Bumi dalam beberapa minggu jika teknisi tidak mampu mengatasi masalah itu, yang terkait komputer penerbangan pesawat.

Pesawat antariksa antar-planet itu lepas landas dari Kazakhstan hari Rabu dan terpisah dari roket Zenit-2SB sekitar 10 menit kemudian, sebelum kerusakan itu terjadi.

XS
SM
MD
LG