Tautan-tautan Akses

Pesawat Antariksa Endeavour Diluncurkan 16 Mei


Pesawat ulang-alik Endeavour siap pada lokasi peluncuran 39-A di pusat antariksa Kennedy, Cape Canaveral, Florida (29/4).

Pesawat ulang-alik Endeavour siap pada lokasi peluncuran 39-A di pusat antariksa Kennedy, Cape Canaveral, Florida (29/4).

Pesawat antariksa itu seharusnya diluncurkan tanggal 29 April tapi ditunda karena kerusakan pada tangki bahan bakar pemanas.

Hari Jumat NASA mengumumkan pesawat ulang-alik Endeavour akan lepas landas paling cepat tanggal 16 Mei.

Pesawat antariksa itu seharusnya diluncurkan tanggal 29 April tapi ditunda hanya beberapa jam sebelum peluncuran karena kerusakan pada tangki bahan bakar pemanas.

NASA mengatakan teknisi akan memperbaiki dan melakukan tes ulang pada sirkuit listrik yang menyebabkan masalah itu.

Ini akan menjadi misi terakhir bagi Endeavour dan misi kedua terakhir bagi armada pesawat ulang alik Amerika. NASA menghentikan program pesawat ulang alik guna memusatkan perhatian pada pembuatan pesawat antariksa generasi berikutnya, yang mampu melampaui orbit Bumi.

Tujuan utama misi 14 hari Endeavour itu adalah mengantar spektrometer magnetik alpha ke Stasiun Antariksa Internasional. Spektrometer adalah detektor canggih yang akan membantu para periset mempelajari pembentukan alam semesta.

XS
SM
MD
LG