Tautan-tautan Akses

Pesanan Peralatan Bisnis di AS Turun


Pesanan peralatan bisnis di AS turun. (FOoto: ilustrasi)

Pesanan peralatan bisnis di AS turun. (FOoto: ilustrasi)

Pesanan peralatan bisnis turun pada bulan Desember, terendah dalam 10 bulan, pertanda perusahaan-perusahaan Amerika mengurangi modal investasi bahkan sebelum gejolak di pasar keuangan global.

Data Departemen Perdagangan hari Kamis (28/1) menunjukkan pesanan barang-barang modal non-militer, tidak termasuk pesawat, turun 4,3 persen bulan lalu setelah penurunan 1,1 persen pada bulan November, yang sebelumnya dilaporkan turun 0,3 persen. Pesanan untuk semua barang tahan lama, setidaknya tahan tiga tahun, turun 5,1 persen, terbesar sejak Agustus 2014, dan mencerminkan penurunan yang luas.

Anggaran untuk pembelian peralatan mungkin terus ditekan karena harga minyak yang terus turun mendorong perusahaan-perusahaan minyak menahan diri. Selain itu, eksportir Amerika masih kesulitan karena permintaan global berkurang dan penguatan nilai dolar.

Perkiraan median dari 80 ekonom yang disurvei Bloomberg menunjukkan pesanan untuk semua barang tahan lama akan turun 0,7 persen, dengan proyeksi mulai dari penurunan 7 persen sampai kenaikan 3,5 persen. Pesanan barang-barang modal non-militer tidak termasuk pesawat diperkirakan turun 0,2 persen.

Pengiriman barang-barang modal non-militer tidak termasuk pesawat, yang digunakan untuk menghitung produk domestik bruto (PDB), turun 0,2 persen pada bulan Desember setelah jatuh 1,1 persen bulan sebelumnya. Departemen Perdagangan akan merilis perkiraan PDB triwulan keempat hari Jumat. [ka/ii]

XS
SM
MD
LG