Tautan-tautan Akses

Perwira AL Turki Menghilang di Amerika, Diduga Cari Suaka


Kapal Angkatan Laut Amerika Serikat USS Ross di Istanbul. (Foto: Ilustrasi)

Kapal Angkatan Laut Amerika Serikat USS Ross di Istanbul. (Foto: Ilustrasi)

Pejabat Turki mengatakan dua anggota militer lainnya yang ditugaskan di AS dipanggil pulang ke Turki setelah upaya kudeta itu tapi tidak seorang pun yang diperintahkan ditahan.

Seorang laksamana Turki yang ditugaskan di Amerika telah menghilang dan dilaporkan mencari suaka setelah diminta oleh pihak berwenang Turki untuk pulang dan ikut dalam proses hukum menyusul tuduhan mata-mata militer.

Laksamana Muda Angkatan Laut, Mustafa Ugurlu, yang ditugaskan di markas Transformasi Komando Sekutu NATO di Norfolk, Virginia dilaporkan mengembalikan berkas-berkas dirinya dan menghilang tanggal 22 Juli.

Ugurlu diperintahkan pulang oleh pihak berwenang Turki bulan lalu setelah upaya kudeta 15 Juli. Pejabat Turki mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa dua anggota militer lainnya yang ditugaskan di Amerika dipanggil pulang ke Turki setelah upaya kudeta itu tapi tidak seorang pun yang diperintahkan ditahan.

Pejabat AL Amerika mengatakan kepada wartawan lebih dari 100 personel militer Turki di Amerika sebagian di pangkalan NATO sementara yang lainnya ikut dalam pertukaran pada lembaga militer Amerika.

Ugurlu termasuk diantara ratusan anggota militer Turki yang dibebaskan dari tugas mereka tanggal 22 Juli. [my/al]

XS
SM
MD
LG