Tautan-tautan Akses

Perusahaan Tambang Afsel dan Para Buruh Capai Kesepakatan


Setelah mogok kerja untuk menuntut kenaikan gaji selama beberapa bulan, buruh tambang di Afrika Selatan mencapai kesepakatan dengan perusahaan-perusahaan tambang (foto: dok).

Setelah mogok kerja untuk menuntut kenaikan gaji selama beberapa bulan, buruh tambang di Afrika Selatan mencapai kesepakatan dengan perusahaan-perusahaan tambang (foto: dok).

Kesepakatan upah baru telah ditandatangani hari Kamis (25/10) yang ditujukan untuk mengakhiri pemogokan yang telah melumpuhkan industri pertambangan di Afrika Selatan.

Perusahaan-perusahaan tambang emas Afrika Selatan telah menandatangani sebuah kesepakatan upah baru yang ditujukan untuk mengakhiri pemogokan yang telah melumpuhkan industri tersebut.

Kesepakatan antara serikat-serikat buruh tambang dan tiga perusahaan tambang besar, yang ditandatangani Kamis, itu memberi para buruh tambang peningkatan upah kumulatif antara 11 dan 20 persen.

Peningkatan itu di luar peningkatan upah sebelumnya yang mulai berlaku Juli.

Aksi-aksi mogok ilegal oleh buruh tambang Afrika Selatan telah meningkat sejak Agustus, setelah polisi melepaskan tembakan ke arah para buruh yang sedang mogok di sebuah tambang platina dan menewaskan 34 orang. Polisi mengatakan, mereka menembak sebagai tindakan bela diri.

Buruh pada perusahaan tambang itu akhirnya mendapatkan peningkatan upah sebesar 22 persen, sebuah langkah yang mendorong buruh-buruh dari perusahaan-perusahaan tambang lain menuntut upah yang lebih besar dan kondisi kerja yang lebih baik.

Aksi-aksi mogok itu mendorong perusahaan-perusahaan tambang untuk mengeluarkan ultimatum kepada para pekerjanya untuk kembali bekerja atau menghadapi pemecatan.

Kesepakatan hari Kamis itu tidak berpengaruh bagi para pekerja di industri-industri tambang platina dan batubara.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG