Tautan-tautan Akses

Perusahaan Roket Pemilik Amazon.com Siapkan Uji Coba Penerbangan Suborbital


Blue Origin, milik pendiri Amazon.com Jeff Bezos, selesai mengerjakan mesin untuk pesawat antariksa suborbital, New Shepard. (Foto: dok.)

Blue Origin, milik pendiri Amazon.com Jeff Bezos, selesai mengerjakan mesin untuk pesawat antariksa suborbital, New Shepard. (Foto: dok.)

Sebuah perusahaan ruang angkasa milik pendiri Amazon.com Jeff Bezos telah selesai mengerjakan mesin roket untuk pesawat antariksa suborbital dan direncanakan untuk memulai penerbangan uji coba tahun ini, menurut pejabat Blue Origin hari Selasa (7/4).

Pesawat antariksa New Shepard didesain untuk menerbangkan tiga orang dan/atau gabungan antara penumpang dan muatan untuk ketinggian sekitar 62 mil atau 100 km di atas Bumi. Pesawat antariksa tersebut akan diluncurkan dari pusat Blue Origin dekat Van Horn, Texas, El Paso tenggara.

Uji coba dan pengembangan mesin roket tersebut, the BE-3, berbahan bakar oksigen cair dan hidrogen cair, telah selesai, pencapaian besar terakhir sebelum ditempelkan pada kapsul New Shepard untuk diterbangkan, kata Presiden Blue Origin, Rob Meyerson pada reporter.

Perusahaan swasta Blue Origin belum mulai menjual tiket penerbangan New Shepard atau mengeluarkan informasi tentang harga.

"Mesinnya sudah siap untuk diterbangkan... dan siap untuk pengguna komersil lainnya," kata Meyerson. Ia menolak memberikan keterangan lebih spesifik tentang kapan New Shepard akan mulai terbang.

Kapsul tersebut akan terbang beberapa kali sebelum uji coba yang menyertakan pilot, tambah Meyerson.

Blue Origin adalah salah satu di antara beberapa perusahaan yang berencana untuk menyediakan penerbangan antariksa komersial. New Shepard adalah sistem suborbital, seperti SpaceShipTwo milik Virgin Galactic, yang bisa membawa enam penumpang, dan dua pilot yang direncanakan untuk bisa meneruskan penerbangan uji coba akhir tahun ini setelah kecelakaan fatal di Mojave, California, pada 31 Oktober 2014.

Perusahaan lain, milik XCOR Aerospace, sedang mengerjakan pesawat antariksa untuk dua orang yang diberi nama Lynx yang juga dijadwalkan untuk diumumkan tahun ini, kata pendiri dan direktur teknologi Jeff Greason.

Perusahaan lain, termasuk Space Exploration Technologies, atau SpaceX, dan Boeing melewatkan penerbangan antariksa suborbital dan mengembangkan sistem yang membawa orang ke orbit.

Blue Origin berniat untuk mencoba memasukkan pesawat antariksa New Shepard suborbital ke sistem peluncuran orbit, dan diharapkan untuk mulai terbang akhir dekade ini. Kendaraan tersebut akan digerakkan oleh mesin yang berbahan bakar gas alam cair, BE-4, yang sedang dikembangkan dengan United Launch Alliance, sebuah kemitraan antara Lockheed Martin dan Boeing.

Mesin BE-3 juga akan dimodifikasi untuk bisa menjadi mesin untuk menerbangkan satelit ke orbit, kata Meyerson.

XS
SM
MD
LG