Tautan-tautan Akses

AS

Perusahaan Pemasok Buah AS dan Irlandia Merjer


Chiquita di Amerika dan Fyffes di Irlandia bergabung dan membentuk produsen pisang terbesar di dunia (foto: ilustrasi).

Chiquita di Amerika dan Fyffes di Irlandia bergabung dan membentuk produsen pisang terbesar di dunia (foto: ilustrasi).

Perusahaan pemasok buah Chiquita di AS dan Fyffes di Irlandia hari Senin (10/3) sepakat untuk bergabung dalam perusahaan baru bernama ChiquitaFyffes PLC.

Perusahaan pemasok buah Chiquita di Amerika dan Fyffes di Irlandia hari Senin (10/3) mengatakan mereka sepakat untuk bergabung dan membentuk produsen pisang terbesar di dunia.

Dengan perjanjian itu, kedua perusahaan tersebut akan merjer menjadi ChiquitaFyffes PLC. Sahamnya akan diperdagangkan di bursa New York dan berkantor pusat di Dublin, Irlandia, yang memiliki peraturan pajak yang lebih ringan.

Mereka mengatakan transaksi itu – yang masih harus mendapat persetujuan pemegang saham dan pihak berwenang di Irlandia dan Amerika – akan menghemat 40 juta dollar sebelum pajak lewat operasi yang lebih efisien.

Masing-masing pemegang saham Fyffes dan Chiquita saat ini akan memiliki separuh dari total operasi yang diperkirakan akan meraup penjualan tahunan sebesar 4,6 miliar dollar.

Mereka mengatakan merjer tersebut akan menciptakan perusahaan raksasa yang memasok lebih 160 juta peti pisang ke seluruh dunia, kira-kira seperempat lebih banyak daripada saingan utama mereka yaitu Dole dan Del Monte. Chiquita Fyffes juga akan menjadi pemasok nanas dan melon terbesar ketiga di dunia.
XS
SM
MD
LG