Tautan-tautan Akses

AS

8 Perusahaan Teknologi AS Serukan Kontrol atas Program Pengintaian


Kantor pusat badan keamanan nasional AS (NSA) di Fort Meade, Maryland yang melakukan program pengintaian kontroversial (foto: dok).

Kantor pusat badan keamanan nasional AS (NSA) di Fort Meade, Maryland yang melakukan program pengintaian kontroversial (foto: dok).

Delapan perusahaan tersebut, di antaranya Google, Facebook dan Twitter, mengeluarkan surat terbuka kepada Presiden Obama, menyerukan kontrol lebih ketat terhadap program pengintaian AS.

Delapan perusahaan teknologi raksasa telah menyerukan kontrol lebih ketat terhadap program pengintaian pemerintah. Mereka sepakat mengenai perlunya perombakan dalam program pengintaian pemerintah Amerika Serikat.

Perusahaan-perusahaan tersebut, di antaranya Google, Facebook dan Twitter, mengeluarkan surat terbuka kepada Presiden Barack Obama, dengan menyatakan meskipun pemerintah memiliki kewajiban melindungi warganegaranya, terungkapnya program pengintaian pemerintah baru-baru ini telah menyoroti tentang mendesaknya praktik-praktik pengintaian pemerintah di seluruh dunia.

Surat yang diterbitkan hari Senin itu menyatakan, banyak negara yang jauh lebih condong pada pemerintah daripada hak-hak warganegaranya, seperti yang dijamin dalam konstitusi.

Surat itu menyusul pengakuan mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional Edward Snowden, yang membocorkan rincian program rahasia yang oleh para pengecam disebut sebagai pelanggaran terhadap hak-hak pribadi.
XS
SM
MD
LG