Tautan-tautan Akses

Perundingan Nuklir Iran Berlanjut di Baghdad


Kepala Perunding Iran, Saeed Jalili, berbicara kepada media usai pertemuan enam negara di Istanbul, Turki (14/4)

Kepala Perunding Iran, Saeed Jalili, berbicara kepada media usai pertemuan enam negara di Istanbul, Turki (14/4)

Perundingan di Istanbul antara negara-negara besar dunia dan Iran mengenai program nuklirnya yang kontroversial berakhir hari Minggu dengan komitmen untuk bertemu lagi di Bagdad, ibukota Irak tanggal 23 Mei.

Setelah berunding hampir selama 10 jam kedua pihak mengatakan pertemuan itu diadakan dalam suasana positif dan membangun.

Kepala kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton menggambarkan perundingan itu konstruktif dan bermanfaat, dan pertemuan di Bagdad akan menjadi bagian pendekatan bertahap.

Wakil Penasehat Keamanan Nasional untuk Komunikasi Strategis Ben Rhodes menyebut perundingan itu sebagai langkah awal yang positif. Menurutnya kesepakatan untuk bertemu pada bulan Mei merupakan sinyal yang positif .

Kepala perunding Iran, Saeed Jalili, hari Sabtu mengatakan perundingan itu menunjukkan terbentuknya persamaan pendapat yang mendasar.

Namun terlepas dari pengakuan kedua belah pihak akan pentingnya mematuhi perjanjian non proliferasi nuklir dan pengakuan akan hak Iran untuk mengembangkan energi nuklir, tidak ada rincian lain tentang persamaan mendasar yang dicapai itu.

Perundingan hari Sabtu antara diplomat Iran dan lima anggota tetap DK PBB, Amerika, Inggris Tiongkok, Perancis, Russia dan Jerman tersebut merupakan pertemuan yang pertama kalinya sejak putaran perundingan sebelumnya gagal sekitar 15 bulan lalu.
XS
SM
MD
LG