Tautan-tautan Akses

Perundingan soal Upah di Kaesong Belum Capai Kemajuan


Kepala Dewan Pengusaha Korea Selatan di Kaesong, Chung Ki-Sup (tengah) memberikan keterangan kepada media di Paju, Rabu (18/3).

Kepala Dewan Pengusaha Korea Selatan di Kaesong, Chung Ki-Sup (tengah) memberikan keterangan kepada media di Paju, Rabu (18/3).

Beberapa pengusaha Korea Selatan belum mencapai kemajuan dalam perundingan soal upah buruh di komplek industri Kaesong di Korea Utara.

Beberapa pengusaha Korea Selatan mengatakan belum mencapai kemajuan dalam perundingan dengan Korea Utara, terkait kenaikan upah di kompleks industri yang dikelola bersama di Kaesong.

Kepala Dewan Pengusaha Korea Selatan di Kaesong, Chung Ki-Sup mengatakan kedua pihak gagal menjembatani perbedaan mereka dalam pertemuan selama dua jam hari Rabu (18/3).

Belum jelas apakah kedua pihak akan melangsungkan pertemuan lebih lanjut.

Korea Utara secara sepihak berupaya menaikkan upah bagi warga Korea Utara yang bekerja di Kompleks Industri Kaesong yang terletak di utara perbatasan kedua Korea. Korea Selatan menolak tuntutan itu dengan mengatakan langkah semacam itu harus disepakati oleh kedua pihak.

Bulan lalu Korea Utara memberitahu Korea Selatan tentang keputusannya menaikkan upah bulanan minimum bagi para pekerjanya dari 70,35 dolar menjadi 74 dolar per bulan mulai Maret ini.

Lebih dari 53 ribu pekerja Korea Utara dipekerjakan oleh sekitar 120 pabrik Korea Selatan di Kaesong, yang menjadi salah satu dari sedikit bidang kerjasama ekonomi Utara-Selatan.

XS
SM
MD
LG