Tautan-tautan Akses

AS

Perundingan Perdagangan Pasifik Capai Kemajuan Penting


Pejabat kantor Perwakilan Perdagangan Amerika, Ron Kirk (foto: dok).

Pejabat kantor Perwakilan Perdagangan Amerika, Ron Kirk (foto: dok).

Amerika dan delapan negara Pasifik telah menyelesaikan perundingan perdagangan putaran ke-13 hari Selasa di kota San Diego.

Amerika mengatakan “kemajuan penting” telah dicapai dalam putaran terakhir pembicaraan yang dimaksudkan untuk merancang perjanjian perdamaian berskala luas dengan delapan negara Pasifik lainnya.

Negara-negara tersebut menyelesaikan perundingan putaran ke-13 hari Selasa di kota San Diego. Para pejabat perdagangan Amerika mengatakan kemajuan “khusus yang signifikan” dicapai dalam hal penanganan aturan-aturan bea cukai, layanan lintas-perbatasan, telekomunikasi dan kepemilikan pemerintah.

Kemitraan Trans-Pasifik itu menjadwalkan sesi perundingan lain bulan September di luar kota Washington, bersama Kanada dan Meksiko yang dijadwalkan ikut bergabung dalam perundingan itu beberapa bulan mendatang. Selain dengan Amerika, Kemitraan Trans-Pasifik itu kini mengikutsertakan Australia, Brunei Darussalam, Chili, Malaysia, Selandia Baru, Peru, Singapura dan Vietnam.

Pejabat kantor Perwakilan Perdagangan Amerika, Ron Kirk mengatakan perundingan tersebut mencapai kemajuan dalam 20 bidang berdasarkan perundingan itu.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan sebuah perjanjian dengan negara-negara Pasifik merupakan salah satu prioritas perdagangan, yang dilihatnya sebagai cara untuk memotong defisit perdagangan Amerika yang tak berkesudahan itu dan mendorong pasar lapangan kerja yang tersendat-sendat di Amerika.
XS
SM
MD
LG