Tautan-tautan Akses

Perundingan Nuklir Iran Gagal Capai Terobosan


Perunding nuklir Iran, Saeed Jalili (tengah, baju hitam), melakukan shalat Jumat di Masjid Almaty, Kazakhstan saat waktu istirahat perundingan nuklir (5/4).

Perunding nuklir Iran, Saeed Jalili (tengah, baju hitam), melakukan shalat Jumat di Masjid Almaty, Kazakhstan saat waktu istirahat perundingan nuklir (5/4).

Iran dan negara-negara berpengaruh di dunia gagal mencapai terobosan besar pada hari pertama perundingan di Almaty, Kazakhstan hari Jumat (5/4).

Iran dan negara-negara berpengaruh di dunia gagal mencapai terobosan besar pada hari pertama perundingan yang bertujuan menemukan penyelesaian atas program nuklir Teheran yang kontroversial.

Berbicara di Washington, Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Victoria Nuland mengatakan bahwa pada hari pembukaan pembicaraan di Almaty, Kazakhstan, Iran tidak memberi "tanggapan jelas dan konkrit" atas tawaran yang dibuat oleh kelompok negara-negara yang dijuluki P5 +1 itu sewaktu perundingan nuklir terakhir pada bulan Februari.

"Pembicaraannya substantif, tapi belum ada kemajuan yang bisa dilaporkan," ujar Nuland.

Teheran malah mengulangi proposal yang dibuatnya tahun lalu di Moskow dalam pembicaraan yang berakhir tanpa kesepakatan. Berbicara setelah perundingan putaran pertama, wakil Iran, Ali Bagheri, mengatakan bahwa pihaknya merincikan hal-hal "khusus" dalam proposal itu.

"Republik Islam Iran pagi ini mengusulkan sebuah metode praktis untuk menerapkan rencana Moskow dalam skala yang lebih kecil," kata Bagheri.

Tapi para diplomat Barat memberitahu wartawan bahwa jawaban Iran masih belum jelas.
XS
SM
MD
LG