Tautan-tautan Akses

Perundingan Nuklir Iran akan Dilanjutkan Bulan Maret


Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton (kiri) dan Menlu Iran Javad Zarif dalam pertemuan dengan media di Wina (20/2).

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton (kiri) dan Menlu Iran Javad Zarif dalam pertemuan dengan media di Wina (20/2).

Iran dan enam negara kuat dunia baru saja menyelesaikan pembicaraan nuklir tiga hari di Wina,yang mengidentifikasi masalah yang akan dibahas dalam perjanjian komprehensif.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton mengatakan babak berikutnya pembicaraan mengenai program nuklir Iran akan digelar tanggal 17 Maret.

Ashton mengatakan hari Kamis bahwa Iran dan enam negara kuat dunia baru saja menyelesaikan pembicaraan "tiga hari yang sangat produktif" di Wina yang mengidentifikasi masalah yang akan dibahas dalam perjanjian komprehensif.

Media pemerintah Iran melaporkan hari Kamis bahwa kedua belah pihak telah menyepakati kerangka kerja untuk membicarakan kesepakatan tersebut. Perunding senior Iran Abbas Araghchi tidak membentangkan secara spesifik perjanjian negosiasi tersebut dalam komentarnya kepada kantor berita IRNA.

Kedua belah pihak berusaha untuk membangun kesepakatan enam bulan yang mereka capai pada bulan November yang menyerukan kepada Iran agar mengurangi aktivitas nuklir yang paling sensitif sebagai imbalan kelonggaran terbatas sanksi.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi mengatakan Selasa negaranya tidak akan menutup sarana nuklir manapun sebagai bagian dari perjanjian komprehensif.
XS
SM
MD
LG